Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 25 Agustus

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 25 Agustus:

Kilas Balik Agustus

2003: NASA meluncurkan Space Infrared Telescope Facility (SITF), kemudian berganti nama menjadi Spitzer Space Telescope, dari Cape Canaveral; Misi Spitzer, misi terakhir dalam Great Observatories Program milik NASA, diharapkan selesai minimal 2,5 tahun, tetapi berlangsung lebih lama lagi.

1989: Pesawat ruang angkasa Voyager 2 terbang kurang dari 5.000 km di atas puncak awan Neptunus.

1944: Selama Perang Dunia II, Divisi Lapis Baja Perancis Merdeka 2, didukung oleh pasukan AS, memasuki Paris; ibukota Perancis itu jatuh ke tangan Sekutu tanpa kerusakan besar karena komandan Jerman, Jenderal Dietrich von Choltitz, mengabaikan perintah Hitler untuk “bertempur sampai titik darah penghabisan” dan untuk meruntuhkan kota.

1915: Selama Perang Dunia I, dengan runtuhnya barisan depan Rusia, Tentara Keduabelas Jerman menguasai Brest-Litovsk.

1900: Filsuf Jerman Friedrich Wilhelm Nietzsche, pelopor eksistensialisme dan perumus konsep-konsep seperti kematian Tuhan, superman (√úberman), dan kehendak untuk berkuasa, meninggal dunia, setelah menghabiskan tahun-tahun terakhirnya dalam gangguan mental.

1875: Matthew Webb menjadi orang pertama yang berenang di Selat Inggris

1830: Revolusi Belgia dimulai dengan pemberontakan di Brussels; peristiwa ini menyebabkan pemisahan Belgia dari Belanda.

1825: Juan Antonio Lavalleja dan kelompok revolusionernya, yang disebut Thirty-three Immortals, menyatakan kemerdekaan Uruguay dari Brasil; hari ini diperingati sebagai Hari Kemerdekaan di Uruguay.

1776: Filsuf besar Skotlandia, David Hume, meninggal dunia.

Komentar Anda