Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 24 Agustus

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 24 Agustus:

Kilas Balik Agustus

1992: Badai Andrew menghancurkan Florida Selatan; badai itu menewaskan 38 orang dan membuat 250.000 orang kehilangan tempat tinggalnya.

1991: Setelah kegagalan kudeta di Moskow, Ukraina mendeklarasikan kemerdekaannya dari Uni Soviet.

1949: North Atlantic Treaty Organization (NATO) lahir.

1940: Selama Pertempuran Britania, pesawat Luftwaffe mulai menyerang lebih jauh ke pedalaman, menargetkan pangkalan Royal Air Force dan sentra-sentra produksi; pada hari yang sama, RAF mulai membuat serangan bom di Berlin.

1939: Desainer pesawat Jerman, Ernst Heinkel, menerbangkan pesawat bertenaga turbo-jet He178 miliknya pada penerbangan pendek pertamanya.

1921: Rusia penyair Nikolai Gumilev, suami dari penyair Anna Akhmatova dan pendiri gerakan sastra acmeist, dieksekusi karena dugaan keterlibatan dalam sebuah konspirasi anti-Soviet.

1814: Setelah memenangkan Pertempuran Bladensburg, Inggris menyerang Washington, D.C., dan membakar sebagian besar bangunan publik selama Perang tahun 1812.

1799: Napoleon berlayar dari Mesir untuk kembali ke Prancis bersama pasukannya.

1572: Hari Pembantaian Saint Bartholomew, pembunuhan massal kaum Protestan Perancis oleh umat Katolik, terjadi di Paris; ribuan orang tewas.

79: Gunung Vesuvius meletus, mengubur kota-kota Romawi kuno seperti Pompeii dan Herculaneum.

Komentar Anda