5 Hal Tentang Paru-paru Kita

Paru-paru adalah salah satu organ terbesar dalam tubuh. Organ ini ada di dada, menempati sebagian besar ruang di sana, dan dilindungi oleh tulang rusuk. Paru-paru yang sehat bekerja sepanjang hari setiap hari untuk memasukkan dan mengeluarkan udara. Paru-paru sehat bekerjasama dengan seluruh tubuh agar kita tetap hidup.

Foto Paru-paru

1. Paru-paru terbuat dari jaringan spons merah muda. Ada dua paru-paru, satu di setiap sisi dada. Paru-paru kiri sedikit lebih kecil karena berbagi ruangan dengan jantung. Jaringan spons dari paru-paru kiri terdiri atas dua bagian yang disebut lobus. Paru kanan memiliki tiga lobus. Saluran tabung yang membentang dari tenggorokan dan mengarah menuju paru-paru disebut trakea. Trakea terbagi lagi menjadi dua tabung, yang disebut bronkus, satu untuk masing-masing paru-paru.

Bronkus kanan sedikit lebih tegak meskipun tidak terlihat di sebagian besar gambar paru-paru. Tabung menjadi lebih kecil dan lebih kecil saat mereka masuk lebih dalam ke paru-paru. Tabung ini bercabang-cabang kecil, seperti pohon. Bronkiolus adalah yang terkecil. Tabung akhirnya mengarah ke alveoli (kantung udara). Alveoli yang kecil ini (ada beberapa ratus juta jumlahnya) ditutupi dengan pembuluh darah mikroskopis yang disebut kapiler.

2. Ketika Anda bernapas atau menarik napas, udara masuk melalui trakea, melewati semua tabung ke kedua paru-paru. Udara terus turun ke “cabang” tabung hingga mencapai alveoli dan kapiler kecil yang menutupinya. Kapiler ini mengambil oksigen dari udara yang Anda hirup dan mengirimkannya melalui darah ke jantung. Jantung mengirim darah beroksigen ke seluruh tubuh.

Ketika Anda menghembuskan napas atau mengeluarkan udara, kapiler di alveoli mengirim produk buangan seperti karbon dioksida keluar dari tubuh Anda melalui rute yang sama ketika udara beroksigen masuk. Karena caranya menukar udara ini, paru-paru juga diperlukan untuk berbicara, tertawa, dan bernyanyi.

3. Tentu saja, “larangan” untuk paru-paru sehat meliputi merokok, karena dapat merusak paru-paru dan merusak oksigenasi, menyebabkan masalah bagi semua organ. Namun himbauan untuk paru-paru sehat juga banyak, seperti minum air dan makan buah-buahan dan sayuran. Kelembaban sangat penting untuk menjaga kondisi dan fungsi paru-paru.

Buah-buahan dan sayuran mengandung antioksidan yang menjaga organ tetap muda dan bekerja lebih baik. Olahraga baik untuk sirkulasi dan baik pula untuk semua organ termasuk paru-paru. Olahraga jenis endurance (ketahanan) seperti berlari dan bersepeda sangat bermanfaat. Hirup udara bersih dan segar dan jauhi polusi dan asap rokok sebisa mungkin.

4. Jika seseorang mengidap penyakit paru-paru yang parah, ia bisa saja menjalani transplantasi paru-paru. Transplantasi adalah operasi yang dilakukan di rumah sakit khusus. Paru-paru berpenyakit dibuang, dan paru-paru yang sehat dimasukkan ke dalam tempatnya. Operasi ini lebih berisiko daripada beberapa operasi lain, tapi dapat menyelamatkan jiwa seseorang yang membutuhkan satu atau dua paru-paru yang sehat.

Menurut Heart, Lung and Blood Institute, lebih dari 82% dari pasien transplantasi paru-paru hidup setidaknya setahun setelah operasi, 60% bertahan 3 tahun, dan lebih dari 45% bertahan hidup setidaknya 5 tahun.

5. Sebelum kita dilahirkan, paru-paru kita tidak banyak bekerja. Sebagian besar sirkulasi darah kita melewatinya, dan “limbah” dibuang oleh ibu kita. Segera setelah kita lahir dan mengambil beberapa napas pertama, perubahan terjadi di jantung yang menyebabkan sirkulasi menggeser haluannya dan memasukkan paru-paru sebagai salah satu jalurnya.

0 thoughts on “5 Hal Tentang Paru-paru Kita

  • 09/07/2014 at 2:20 pm
    Permalink

    wadhoh kh cari hal tntg gnjal klit hti ck ewneeee rghkkk>>…..

    Reply

Komentar Anda