Profil Lengkap Negara Honduras

Honduras adalah negara terbesar kedua di Amerika Tengah setelah Nikaragua. Negara ini berbatasan dengan Guatemala dan El Salvador di sebelah barat serta Nikaragua di selatan dan timur. Batas utara adalah Laut Karibia. Sebagian besar wilayah Honduras adalah pegunungan, menjadikan Honduras sebagai salah satu negara yang jarang dihuni di wilayah tersebut.

Foto Kota Tegucigalpa di Honduras

Penduduk

Populasi Honduras adalah sekitar 8,5 juta jiwa. Sekitar 90 persen dari penduduknya adalah orang-orang mestizo, keturunan campuran dari orang Indian dan Eropa (kebanyakan Spanyol). Kelompok etnis lainnya meliputi Indian asli (7 persen), kulit hitam (2 persen), dan kulit putih (1 persen). Ada tujuh kelompok Indian berbeda: Lenca, Tolupanes, Tawahka, Pech, Mosquito (atau Miskito), Garifuna, dan Chorti. Kelompk Chorti adalah keturunan dari suku Maya, pendiri salah satu peradaban besar dunia kuno.

Bahasa

Bahasa Spanyol diperkenalkan oleh pemukim kolonial di tahun 1500-an dan kini menjadi bahasa resmi Honduras. Namun, beberapa orang Indian asli masih berbicara dalam bahasa-bahasa kuno mereka sendiri. Mereka yang tinggal di Bay Islands berbahasa Inggris, sebab wilayah mereka dulu berada di bawah kekuasaan Inggris.

Agama

Lebih dari 95 persen dari rakyat Honduras memeluk agama Katolik Roma. Praktek keagamaan di pedesaan sering menggabungkan agama Katolik dengan keyakinan spiritual asli. Kelompok agama lainnya meliputi Protestan injili, Mormon, Saksi-Saksi Yehuwa, Anglikan, dan Yahudi.

Pendidikan

Sekolah gratis dan wajib bagi anak-anak yang berusia antara 7 sampai 15 tahun. Namun, tugas untuk memberikan pendidikan yang menjangkau  seluruh penduduk pedesaan cukup sulit. Sekitar seperempat penduduk tetap buta huruf. Lembaga pendidikan tinggi terkemuka adalah Universitas Otonom Honduras yang didirikan pada tahun 1847 di Tegucigalpa.

Kehidupan Pedesaan

Kebanyakan orang Honduras tinggal di desa-desa kecil. Rumah mereka umumnya dibangun dari adobe (batu bata yang terbuat dari tanah liat yang dijemur), sebagaimana rumah mereka berabad-abad silam. Banyak dari rumah-rumah itu kekurangan sarana dan prasarana modern seperti air, listrik, dan sanitasi. Program pemerintah dalam beberapa tahun terakhir adalah meningkatkan kesehatan masyarakat. Tapi kekurangan gizi, perumahan yang tidak memadai, dan penyakit tetap menjadi masalah luas.

Kebanyakan orang Honduras adalah petani, yang dikenal sebagai campesino, yang mengolah petak kecil tanah dengan tangan atau bekerja sebagai buruh tani di perkebunan besar. Namun, berkat program reformasi tanah yang dimulai pada tahun 1972, banyak petani mampu memperoleh tanah mereka sendiri. Jagung, kacang-kacangan (frijoles), dan beras adalah makanan pokok. Pisang dan mangga adalah buah yang paling umum dikonsumsi. Daging, unggas, dan ikan disajikan hanya sesekali.

Perjalanan antar kota seringkali sulit karena daerahnya berpegunungan dan kondisi jalan primitif. Jalur kereta api hanya mampu mencapai beberapa lokasi di dekat pantai dan mengangkut sebagian besar produk untuk ekspor. Di banyak daerah, gerobak sapi adalah sarana utama transportasi barang dan orang.

Bentang Alam

Honduras memiliki empat wilayah geografis yang berbeda. Pesisir Mosquito, dinamai sesuai nama suku Indian Mosquito, terletak di dataran rendah timur dan pegunungan di dekatnya di sepanjang Laut Karibia. Daerah hutan hujan lebat yang panas dan lembab ini menyumbang 20 persen dari total luas lahan Honduras. Di Karibia juga ada Pantai Utara (Costa Norte), sebidang dataran subur di mana sebagian besar perkebunan pisang Honduras berada. Padi, singkong, jagung, dan kacang-kacangan, serta beberapa ternak, juga dibudidayakan di sana.

Dataran tinggi tengah, yang mencakup sekitar 65 persen dari wilayah Honduras, dibentuk oleh Cordillera Amerika Tengah, rantai pegunungan vulkanik yang membentang melalui daerah pedalaman. Puncak tertinggi di pegunungan ini adalah Gunung Las Minas, setinggi 2.870 meter. Wilayah ini memiliki lembah subur yang menjadi tempat budidaya kopi, tembakau, gandum, jagung, sorgum, dan buah-buahan. Sekitar 70 persen penduduk tinggal di sini.

Dataran rendah Pasifik, di sepanjang pantai Samudra Pasifik, membentuk hanya 2 persen dari luas lahan Honduras. Padang rumput yang kaya di daerah ini mendukung bisnis peternakan Honduras yang terus meningkat.

Sungai dan Perairan Pesisir

Pantai utara Honduras dibatasi oleh Laut Karibia. Tepi pesisir Teluk Fonseca di barat daya, adalah teluk kecil yang terlindung dari Samudera Pasifik, yang menjadi milik Honduras, El Salvador, dan Nikaragua. Honduras memiliki beberapa sungai besar. Sungai Choluteca memiliki panjang 282 kilometer dan mengalir dari pedalaman melalui kota Tegucigalpa dan ke Teluk. Sungai Ulua, Aguan, dan Patuca mengalir menuju Karibia.

Iklim

Honduras memiliki iklim tropis, dengan kelembaban yang ekstrim. Rata-rata suhu sekitar 27 °C di dataran rendah pesisir. Ketinggian di pedalaman yang dingin lebih tinggi. Curah hujan bervariasi sesuai lokasi. Di sepanjang pantai utara tropis, curah hujan berkisar antara 1.775 sampai 2.540 milimeter setiap tahunnya, sebagian besar dari bulan Juli sampai Februari. Sedikit hujan turun di sepanjang pantai Pasifik dan biasanya turun antara bulan Mei dan November.

Badai sering menyerang pantai Karibia. Yang paling dikenal, Badai Mitch, pernah memporak-porandakan negara dan lahan pertaniannya di musim gugur tahun 1998. Lebih dari 5.000 orang tewas dan sedikitnya satu juta orang lebih kehilangan tempat tinggalnya.

Sumber Daya Alam

Selain tanah pertanian yang kaya, Honduras memiliki sumber daya mineral yang cukup. Timbal dan seng ditambang secara komersial. Perak dan emas juga ditambang. Honduras juga memiliki sumber hutan yang kaya, yang terkenal dengan cedar dan mahoninya.

Satwa liar melimpah di Honduras. Jaguar, puma, macan tutul, monyet, armadillo, buaya, iguana raksasa, dan burung bersuara indah yang disebut zenzontle adalah beberapa hewan unik yang biasa ditemukan di sana. Ikan dan kerang juga berlimpah.

Honduras telah melakukan banyak upaya untuk melindungi situs-situs alami yang berharga. Di antaranya adalah terumbu karang terpanjang kedua di dunia, ditemukan di dekat Bay Islands, dan Rio Plátano Biosphere Reserve di Pantai Mosquito, hutan hujan tropis terbesar yang tersisa di Amerika Tengah. Juga di sepanjang garis pantai Karibia ada dua taman nasional yang dibuat untuk melindungi tanaman langka dan satwa yang terancam punah.

Ekonomi

Nilai gabungan dari industri pertanian, kehutanan, dan perikanan Honduras menyumbang sekitar 25 persen dari pendapatan tahunan negara itu. Pisang khususnya, telah lama menjadi kontributor utama. Sebagian besar perkebunan pisang dimiliki oleh dua perusahaan Amerika Serikat, United Fruit Company dan Standard Fruit and Steamship Company. Badai Mitch menyebabkan kerusakan luas pada tanaman pisang di tahun 1998. Pemulihan penuh dari industri ini memakan waktu beberapa tahun.

Sebelum bencana ini terjadi, pemerintah telah mendorong petani untuk membudidayakan tanaman lain guna mengurangi ketergantungan negara pada pisang. Kopi kini menjadi tanaman ekspor yang paling berharga kedua di negara ini. Produksi skala besar dari tembakau, kapas, tebu, dan melon juga meningkat. Honduras memiliki industri manufaktur kecil tapi berkembang. Produk utamanya adalah tekstil, kertas, semen, bir, dan minuman ringan.

Kota-kota Besar

Kota-kota Honduras mendapatkan populasinya dari orang-orang pedesaan yang mencari peluang ekonomi dalam sektor industri. Tegucigalpa, ibukota dan kota terbesar di Honduras, memiliki populasi hampir 1 juta jiwa. Kota ini terletak sekitar 1.000 meter di atas permukaan laut. Tegucigalpa adalah satu-satunya ibukota Amerika Tengah yang tidak dihubungkan dengan pelabuhan pesisir oleh kereta api. Pemerintah dan manufaktur menyediakan sebagian besar lapangan pekerjaan.

Tegucigalpa didirikan oleh Spanyol pada tahun 1578 sebagai pemukiman pertambangan emas dan perak. Kota ini ditunjuk menjadi ibukota Republik Honduras pada tahun 1880. Balkon, atap merah, dan jalan-jalan sempit -beberapa diaspal dengan mosaik- bergaya Spanyol menjadi pengingat akan warisan dunia kuno di kota ini.

San Pedro Sula, kota terbesar kedua di negara ini, memiliki penduduk sekitar 650.000 jiwa. Sebagai pusat komersial dan manufaktur, San Pedro Sula memiliki kelebihan di antara kota-kota Honduras lainnya, yakni adanya fasilitas jalur kereta api dan bandara. Kota ini didirikan oleh Spanyol pada tahun 1536.

Warisan Budaya

Seni dan Arsitektur

Beberapa reruntuhan arkeologi terbaik dari kerajaan Maya (yang berkembang dari sekitar tahun 200-900) ada di Copán, sebuah kota di tempat yang sekarang berada di Honduras barat. Pada masa kejayaannya, Copán adalah kota terbesar kedua di kerajaan Maya. Kota ini adalah pusat astronomi, matematika, dan seni peradaban Maya.

Musik

Bentuk dan irama musik Honduras dipengaruhi oleh tradisi pribumi. Gitar, sangkakala, matraca (semacam rattle), dan akordeon adalah instrumen khas Honduras. Marimba, alat musik perkusi yang mirip dengan gambang, adalah instrumen musik yang juga populer.

Pemerintah

Republik Honduras diatur sesuai dengan konstitusi 1982 dan 26 amandemennya. Cabang eksekutif dipimpin oleh seorang presiden, yang dipilih langsung oleh rakyat untuk masa jabatan 4 tahun tunggal. Cabang legislatif diwakili oleh Kongres Nasional. 128 wakilnya dipilih untuk masa jabatan 4 tahun. Cabang ketiga, lembaga peradilan, meliputi Mahkamah Agung dan pengadilan rendah. Hakim Federal dipilih untuk masa jabatan 7 tahun oleh Kongres Nasional.

Honduras dibagi menjadi 18 departemen. Masing-masing dipimpin oleh seorang gubernur yang ditunjuk oleh eksekutif. Setiap departemen dibagi lagi menjadi beberapa kota yang dipimpin oleh walikota dan dewan terpilih. Setiap warga negara yang berusia 18 atau lebih berhak untuk memilih.

Komentar Anda