Profil Lengkap Negara El Salvador

El Salvador adalah negara terkecil di wilayah Amerika Tengah, tapi menduduki peringkat kedua dalam hal populasi setelah Guatemala. Dan El Salvador merupakan negara yang paling padat penduduknya di daratan Amerika.

Foto kota El Salvador

Penduduk

Sekitar 90 persen dari penduduk El Salvador adalah orang-orang mestizo, campuran keturunan Eropa (kebanyakan Spanyol) dan Indian. 10 persen lainnya terdiri atas orang Indian, Afrika, dan Eropa. Orang Indian keturunan Meksiko membentuk sekitar 3 persen dari populasi Indian. Sebagian besar dari mereka tinggal di desa Nahuizalco, di mana mereka mempertahankan banyak kebiasaan aslinya.

Bahasa

Bahasa resmi El Salvador adalah bahasa Spanyol, meskipun beberapa orang Indian berbahasa Nahuatl, bahasa Indian.

Agama

Lebih dari setengah penduduk El Salvador memeluk Katolik Roma. Namun, jumlah pemeluk Protestan Injili berkembang. Pada awal tahun 2000-an sekitar 15 sampai 20 persen dari populasi El Salvador adalah Protestan. Dari jumlah itu, 75 persennya adalah pengikut aliran Pantekosta. Katolik rakyat -campuran keyakinan asli dan tradisional- juga menjadi lebih populer, kemungkinan besar karena kurangnya pendeta di sana.

Pendidikan

Pendidikan wajib dilalui di sekolah dasar, dan sekitar dua-pertiga dari anak-anak El Salvador mengenyam pendidikan dasar. Sekitar 70 persen penduduk berusia 10 tahun atau lebih dapat membaca dan menulis.

Cara Hidup

Selama bertahun-tahun, El Salvador didominasi oleh beberapa keluarga yang memiliki sebagian besar lahan pertanian yang baik. Tapi sebagian besarnya adalah orang campesino, atau para pekerja sawah, yang miskin. Beberapa wilayah pertanian besar disebut finca, sisanya adalah pertanian di lahan kecil yang mereka sewa atau miliki sendiri.

Makanan khas kaum campesino adalah tortilla, kacang-kacangan, beras, pisang, dan sedikit daging. Hidup terasa sulit bagi kebanyakan orang El Salvador. Mereka masih menderita efek perang saudara yang berkobar sejak akhir 1970-an hingga 1991. Lebih dari 1 juta orang meninggalkan negara itu antara tahun 1979 dan 1986, sebagian besar pergi ke Amerika Serikat. Selain itu, di daerah pedesaan, pohon kopi dan pisang -yang memerlukan waktu bertahun-tahun untuk matang- dihancurkan oleh Badai Mitch pada tahun 1998, menyebabkan orang hijrah ke ibukota yang ramai, San Salvador.

Orang-orang El Salvador memiliki beberapa hiburan. Mereka menikmati festival keagamaan dan upacara. Sepak bola dan bisbol adalah olahraga populer di negara ini.

Bentang Alam

El Salvador berbatasan di utara dan timur dengan Honduras dan di sebelah barat dengan Guatemala. Samudra Pasifik membentuk perbatasan selatan El Salvador. El Salvador adalah satu-satunya negara Amerika Tengah yang tak memiliki garis pantai di Laut Karibia. Negara ini mengalami banyak gempa bumi. Salah satu yang paling merusak terjadi pada tahun 1991. Ada juga banyak gunung berapi.

El Salvador memiliki tiga wilayah geografis yang berbeda. Dataran Tinggi Pedalaman terdiri atas dua pegunungan yang membentang di sepanjang wilayah negara dan memiliki banyak gunung berapi. Yang tertinggi, Cerro El Pital, memiliki tinggi 2.730 meter di atas permukaan laut. Gunung berapi Izalco begitu sering meletus hingga pelaut menyebutnya mercusuar Pasifik.

Dataran Tinggi Tengah adalah tempat sebagian besar orang hidup. Wilayah ini adalah dataran tinggi, rata-rata tingginya 610 meter di atas permukaan laut, dan terletak di antara pegunungan, ditutupi tanah yang subur oleh abu vulkanik.

Dataran Rendah Pesisir adalah wilayah tanah sempit yang membentang di sepanjang pantai Pasifik. Daerah ini lebih panas dan kurang subur dibandingkan dataran tinggi, dan hanya sedikit orang yang tinggal di sana.

Sungai dan Danau

Sungai terpanjang dan terpenting yang mengalir dari Dataran Tinggi Tengah adalah Río Lempa. Bendungan dibangun di sungai ini untuk menyediakan air irigasi dan menghasilkan listrik bertenaga air. Danau Ilopango, yang terletak di kawah gunung berapi tua, adalah danau terbesar di negara ini.

Iklim

Di Dataran Tinggi Tengah, suhu tinggi rata-rata adalah 32 °C dan suhu rendah rata-rata sekitar 16 °C. Dataran Rendah Pesisir lebih panas dan lebih lembab. El Salvador memiliki dua musim yang berbeda, basah dan kering. Curah hujan terbesar terjadi dari Mei hingga Oktober. Musim kemarau berlangsung dari bulan November sampai April.

Sumber Daya Alam

Tanah yang subur dianggap sebagai sumber daya alam primer. El Salvador memiliki sedikit sumber daya mineral. Minyak bumi yang dihasilkan disuling dari minyak mentah yang diimpor dari Venezuela. Negara ini pernah ditutupi oleh hutan tropis, tapi sebagian besar telah ditebang untuk membuat kayu bakar dan rumah, dan erosi tanah telah menjadi masalah serius.

Perburuan dan pembalakan hutan telah menghabisi banyak hewan liar. Beberapa spesies terancam punah. Tapi ular, burung beo, dan beberapa rusa serta monyet masih dapat terlihat di sini. Buaya menghuni banyak sungai El Salvador. Perairan pesisir memiliki udang berlimpah, yang merupakan komoditas ekspor penting.

Ekonomi

Sebelum akhir tahun 1970-an, El Salvador adalah negara Amerika Tengah yang paling industrialis. Tapi perang saudara yang dimulai pada akhir 1970-an telah menghancurkan segalanya. Hari ini, ekonomi sangat bergantung pada ekspor komoditas pertanian, khususnya kopi.

Perekonomian juga bergantung pada pengiriman uang dari orang Salvador yang tinggal dan bekerja di luar negeri, terutama Amerika Serikat. Dua-pertiga dari penduduk El Salvador yang berusia produktif menganggur atau setengah menganggur.

El Salvador adalah anggota aktif dari Central American Common Market (CACM), yang dibentuk pada tahun 1960. Namun organisasi itu juga telah mengalami kemunduran lantaran perang dan perselisihan sipil di Amerika Tengah.

Manufaktur

Meskipun basis industri menyusut, El Salvador tetap menjadi salah satu negara industrialis di Amerika Tengah. Negara ini menjual banyak produknya ke negara-negara Amerika Tengah lainnya dan Amerika Serikat. Produknya yang paling penting adalah makanan jadi, minuman, bahan kimia, pupuk, tekstil, dan mebel.

Pertanian

El Salvador adalah salah satu produsen kopi terkemuka di Amerika Latin. Sebagian besar tumbuh di finca di dataran tinggi. Industri pertanian penting lainnya meliputi gula, jagung, padi, kacang, biji minyak, kapas, ternak, produk susu, dan udang.

Perdagangan

Sebagian besar komoditas ekspor El Salvador meliputi perakitan produk, kopi, gula, daging sapi, tekstil, bahan kimia, listrik, dan udang. Impor utama meliputi bahan baku, barang konsumsi dan modal, bahan bakar, bahan makanan, minyak bumi, dan listrik. Amerika Serikat adalah mitra dagang utama negara ini.

Kota-kota Besar

Sekitar 65 persen penduduk El Salvador tinggal di wilayah perkotaan. San Salvador, ibukota dan kota terbesar El Salvador, adalah pusat perdagangan dan industri negara, juga menjadi markas CACM. Populasinya diperkirakan sekitar 400.000 di kota itu sendiri, dan sekitar 1,75 juta di kota dan sekitarnya.

Santa Ana, kota terbesar kedua, memiliki penduduk sekitar 200.000 orang. Terletak di lereng gunung berapi Santa Ana, kota ini adalah tempat bagi beberapa bangunan dan gereja yang indah. Santa Ana adalah pusat perdagangan kopi. Nueva San Salvador, sebelumnya bernama Santa Tecla, juga merupakan distrik penghasil kopi utama. Di sini kita dapat melihat gunung berapi San Salvador dari dekat.

Warisan Budaya

Kesenian

Di bagian utara El Salvador, pengrajin di desa La Palma membuat plakat dan salib kayu berwarna-warni. Ilobasco, sebelah timur laut San Salvador, menawarkan tembikar dan keramik yang dihiasi dengan indah.

Arsitektur

Arsitektur negara bervariasi. Gaya yang diterapkan adalah gaya kolonial, baroque Spanyol, Renaissance, dan neo-klasik, terlihat terutama di gereja-gereja dan gedung-gedung pemerintah. San Salvador memiliki tampilan yang lebih modern, yang telah dibangun kembali setelah gempa 1854.

Sastra

Di antara para penulis Salvador yang paling terkenal adalah mereka yang mengekspresikan pandangan-pandangan politik melalui karyanya. Penyair dan novelis Claribel Alegría, dikenal karena karyanya, Ashes of Izalco (1966), dan Luisa in Realityland (1987), juga karena dukungannya terhadap perlawanan tanpa kekerasan. Analis politik dan penyair terkenal, Roque Dalton, menulis banyak karya besar seperti Miguel Marmol (1972) dan Clandestine Poems (1984).

Pemerintah

Konstitusi terbaru El Salvador diadopsi pada tahun 1983 dan menyatakan bahwa presiden bertugas sebagai kepala negara sekaligus kepala pemerintahan. Presiden dipilih (bersama-sama dengan wakil presiden) untuk jangka waktu lima tahun. Jika tidak ada calon presiden yang mendapat suara mayoritas (lebih dari setengah), pemilihan ulang akan diadakan. Legislatif adalah Dewan Perwakilan Rakyat satu rumah. Anggotanya dipilih untuk masa jabatan 3 tahun.

Komentar Anda