Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 23 Agustus

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 23 Agustus:

Kilas Balik Agustus

1977: Dalam demonstrasi signifikan penerbangan bertenaga manusia pertama, Gossamer Condor, kendaraan ultralightweight dengan lebar sayap 29,3 meter dan didukung oleh kayuhan pedal manusia, terbang di atas ketinggian sekitar 1,6 km selama 6,5 menit.

1975: Dalam perang saudara di Laos, Komunis Pathet Lao menyatakan Vientiane, ibu kota Laos, dibebaskan.

1944: Saat tentara Soviet hendak menyerbu Rumania pada Perang Dunia II, Raja Michael memenjarakan diktator fasis negara itu, Ion Antonescu; Rumania kemudian bergabung dengan Sekutu.

1943: Pertempuran Kursk berakhir dengan pembebasan Kharkiv oleh Soviet dari Jerman; pertempuran tank tempur terbesar dalam sejarah ini menjadi titik balik yang menentukan dalam Perang Dunia II.

1942: Selama Perang Dunia II, pasukan Jerman mencapai Sungai Volga tidak jauh dari Stalingrad, dan pesawat Luftwaffe mulai membom kota dengan bahan peledak tinggi; sekitar 40.000 korban berjatuhan dalam beberapa jam di Stalingrad.

1939: Pakta Nazi-Soviet ditandatangani di Moskow; pakta non-agresi 10-tahun ini membuka jalan bagi invasi Jerman ke Polandia kurang dari dua minggu kemudian, tindakan yang memicu Perang Dunia II.

1914: Jepang memasuki Perang Dunia I dengan bergabung dalam pasukan Sekutu.

1775: Raja George III menyatakan Proklamasi Pemberontakan, pernyataan resmi mengenai pecahnya permusuhan selama Revolusi Amerika.

634: Abu Bakar, sahabat sekaligus ayah mertua Nabi Muhammad serta khalifah pertama Islam meninggal dunia.

Komentar Anda