Profil Lengkap Negara Meksiko

Meksiko adalah negara di Amerika Utara yang memiliki perbatasan dengan Amerika Serikat sepanjang 3.100 kilometer, yang membentang di utaranya. Guatemala dan Belize ada di selatan Meksiko. Di barat ada Samudra Pasifik, sedang di timur ada Teluk Meksiko dan Laut Karibia.

Foto Negara Meksiko

Meksiko memiliki lebih dari 120 juta penduduk dan merupakan negara terpadat ketiga di belahan bumi Barat. Hanya Amerika Serikat dan Brasil yang memiliki lebih banyak penduduk. Meksiko juga kaya sumber daya alam. Tapi kekayaan riil terletak pada penduduknya. Pencapaian mereka membentang selama ribuan tahun.

Sebelum kontak dengan orang Eropa pertama, pada tahun 1519, Meksiko menjadi tempat dua kebudayaan yang luar biasa. Ada peradaban Aztec, orang-orang yang berbahasa Nahuatl di Dataran Tinggi Tengah, dan peradaban Maya dari Semenanjung Yucatán dan utara Amerika Tengah.

Orang-orang Spanyol di bawah Hernando Cortés mengalahkan Aztec di tahun 1521. Meksiko menjadi bagian dari koloni Spanyol, New Spain (Spanyol Baru) dan tetap demikian selama 300 tahun. Meksiko mendapat kemerdekaannya dari Spanyol pada tahun 1821.

Pertarungan politik kekerasan mendominasi Meksiko di tahun 1800-an. Semua itu mereda tidak lama setelah Revolusi Meksiko (1910-1917). Di sepanjang era 1900-an, salah satu partai politik, Partai Revolusioner Institusional (PRI), memerintah Meksiko. Pada tahun 2000, orang-orang Meksiko menuntut adanya suara yang lebih besar dalam pemerintahan mereka. Oleh karena itu, mereka mengakhiri kekuasaan satu partai, PRI, selama 71 tahun dengan memilih presiden dari partai oposisi.

Penduduk

Kebanyakan orang Meksiko memiliki nenek moyang campuran penduduk asli dan orang Eropa (terutama Spanyol). Sekitar 30 persen memiliki nenek moyang yang sebagian besar penduduk asli. Sisanya adalah orang yang memiliki nenek moyang yang sebagian besar orang Eropa. Penduduk Meksiko tergolong muda menurut standar internasional. Lebih dari setengah warga negara berada di bawah usia 26 tahun. Sebaliknya, di Amerika Serikat, setengah penduduknya berada di bawah 37 tahun. Harapan hidup rata-rata di Meksiko adalah 76 tahun.

Bahasa

Meksiko adalah rumah bagi penutur bahasa Spanyol dengan jumlah terbesar di dunia. Hampir semua orang Meksiko berbahasa Spanyol, bahasa resmi. Beberapa orang menggunakan bahasa Spanyol dan bahasa ibu. Bahasa asli utama adalah Nahuatl, Maya, Mixteco, dan Zapoteco.

Agama

Konstitusi Meksiko menjamin kebebasan beragama dan beribadah. Lebih dari 75 persen penduduknya memeluk Katolik Roma. Lebih dari 6 persen memeluk Protestan.

Pendidikan

Anak-anak diwajibkan untuk bersekolah selama enam tahun di sekolah dasar dan tiga tahun di sekolah menengah. Siswa yang memenuhi syarat dapat bersekolah di sekolah menengah atas. Sekolah-sekolah ini mempersiapkan mereka untuk masuk universitas atau pelatihan teknis. Universitas terbesar adalah National Autonomous University of Mexico (UNAM) yang terletak di luar Mexico City, ibu kota Meksiko. Sekitar 86 persen dari orang Meksiko yang berusia 15 tahun bisa membaca dan menulis.

Pemerintah

Meksiko terdiri atas 31 negara bagian dan Distrik Federal. Pemerintah berdasarkan Konstitusi 1917. Kepala negara dan kepala pemerintah adalah presiden, yang dipilih untuk masa jabatan 6 tahun dan hanya bisa dipilih untuk satu kali periode. Lembaga legislatif adalah Kongres, yang memiliki dua rumah. Anggota Senat diilih selama enam tahun. Pejabat Kamar Deputi menjabat selama 3 tahun. Sistem pengadilan federal dipimpin oleh Mahkamah Agung.

Setiap pemerintah negara bagian memiliki gubernur dan legislatif terpilih. Pemerintah negara bagian memiliki kewenangan atas masalah-masalah lokal. Ada 31 negara bagian di Meksiko, antara lain Aguascalientes, Baja California, Baja California Sur, Campeche, Chiapas, Chihuahua, Coahuila, Colima, Durango, Guanajuato, Guerrero, Hidalgo, Jalisco, México State, Michoacán, Morelos, Nayarit, Nuevo León, Oaxaca, Puebla, Querétaro, Quintana Roo, San Luis Potosí, Sinaloa, Sonora, Tabasco, Tamaulipas, Tlaxcala, Veracruz, Yucatán, dan Zacatecas.

Bentang Alam

Meksiko adalah wilayah yang sangat kontras. Negara ini memiliki pegunungan yang berselimut salju dan dataran tinggi, di samping juga memiliki hutan hujan tropis yang rimbun dan gurun yang kering.

Dataran Tinggi Meksiko

Dataran Tinggi Meksiko adalah tempat tinggal bagi sebagian besar orang Meksiko. Daerah ini juga menyumbang banyak hasil pertanian, industri, dan kekayaan mineral untuk Meksiko. Dataran tinggi utara kering dan jarang penduduknya. Dataran tinggi naik ke selatan, ke arah Meksiko tengah. Di sini tanahnya subur dan padat penduduknya.

Pegunungan

Lebih dari setengah wilayah Meksiko berada lebih dari 900 meter di atas permukaan laut. Pegunungan terjal berbatasan dengan Dataran Tinggi Meksiko. Di barat adalah Sierra Madre Occidental. Sierra Madre Oriental terletak di timur. Kedua pegunungan bertemu di dekat Mexico City. Di sana berdiri puncak tertinggi di negara itu, gunung berapi Citlaltépetl (atau Orizaba). Di selatan Mexico City ada Sierra Madre del Sur. Gunung-gunungnya berbatasan dengan Samudera Pasifik. Ada bukti dari aktivitas gunung berapi di seluruh Meksiko.

Dua ngarai di Meksiko juga perlu dicatat. Salah satunya adalah Oblatos Canyon di dekat Guadalajara. Yang lainnya adalah Copper Canyon (Barranca del Cobre) di negara bagian Chihuahua. Copper Canyon bersaing dengan Grand Canyon dari Sungai Colorado dalam segi ukuran.

Dataran Rendah Pesisir dan Dataran Rendah

Dataran rendah pesisir Pasifik memanjang dari perbatasan AS hingga ke sekitar setengah pantai barat Meksiko. Daerah ini mencakup semenanjung Baja California (Lower California). Dataran rendah pesisir Gulf dan Semenanjung Yucatán berada di timur.

Sungai, Danau, dan Perairan Pesisir

Sungai Río Bravo del Norte merupakan bagian dari perbatasan AS-Meksiko. Sungai ini disebut Río Grande di Amerika Serikat. Sungai besar lainnya adalah Río Balsas, yang mengalir ke Pasifik. Sungai Río Grijalva dan Río Usumacinta mengalir ke Teluk Campeche, sedang sungai Río Pánuco mengalir ke Teluk Meksiko.

Danau Chapala adalah danau terbesar di Meksiko yang terletak di negara bagian Jalisco dan Michoacán. Meksiko dikenal dengan pantai-pantai indahnya di sebelah timur dan barat pesisir.

Iklim

Iklim Meksiko bervariasi menurut wilayah dan elevasi. Dataran rendah pantai panas dan lembab, dengan curah hujan tinggi. Daerah utara kering, dengan temperatur ekstrem. Daerah di sekitar Mexico City memiliki iklim yang menyenangkan.

Sumber Daya Alam

Meksiko menempati urutan kelima di dunia dalam produksi minyak dan merupakan eksportir perak terkemuka di dunia. Negara ini juga memiliki cadangan tembaga, mangaan, seng, dan timah dalam jumlah besar.

Hutan menutupi hampir seperempat dari wilayah Meksiko. Pemerintah telah membentuk cagar alam. Tapi pembalakan dan pembukaan lahan baru terus mengancam hutan. Serigala, beruang, anjing hutan, rubah, dan rusa dapat ditemukan di utara dan daerah pegunungan. Meksiko yang tropis adalah habitat bagi jaguar, ocelot, tapir, monyet, dan burung beo serta burung berwarna-warni lainnya. Perairan di kedua pesisir pantai mengandung ikan dan kerang yang melimpah.

Kota-kota Besar

Kebanyakan orang Meksiko tinggal di daerah pedesaan sampai tahun 1950-an. Tapi hari ini, lebih dari 75 persen orang tinggal di kota-kota. Sepuluh kota Meksiko memiliki lebih dari 1 juta orang. Kota-kota itu adalah Ciudad Juárez, Ecatepec de Morelos, Guadalajara, León, Mexico City, Monterrey, Nezahualcoyotl, Puebla, Tijuana, dan Zopopan.

Mexico City adalah ibukota dan kota terbesar Meksiko. Ini adalah salah satu kota terbesar di dunia. Sekitar 8,8 juta orang tinggal di Mexico City dan lebih dari 23 juta orang tinggal di daerah metropolitannya. Di sebelah barat laut Mexico City ada Guadalajara, ibu kota negara bagian Jalisco. Ini adalah kota industri dan komersial utama serta pusat wisata yang populer. Di Jalisco juga ada kota Zopopan, yang merupakan pusat komersial.

Banyak manufaktur Meksiko terkonsentrasi di negara bagian Meksiko. Banyak pekerja industri di negara bagian Meksiko tinggal di Nezahualcoyotl. Negara bagian ini juga menjadi tempat bagi kota komersial Ecatepec de Morelos. Di bagian utara Mexico City ada kota industri León. Di selatan Mexico City ada Puebla, ibukota negara bagian Puebla.

Di negara bagian Nuevo León terletak kota Monterrey, ibukota dan pusat industri yang penting di negara bagian itu. Masih di utara, ada Ciudad Juarez, yang terletak di Río Grande. Kota Tijuana ada di bagian utara Baja California. Keduanya merupakan kota komersial dengan industri wisata yang besar.

Komentar Anda