Profil dan Sejarah Lengkap Negara Skotlandia

Skotlandia adalah salah satu dari empat unit politik yang membentuk Kerajaan Inggris Raya dan Irlandia Utara. Namun, meski telah berada dalam kesatuan politik selama hampir tiga abad, orang Skotlandia tetap berbeda dengan lainnya. Pemandangan indah, festival penuh warna, dan sejarah Skotlandia yang menarik membuat negara unik ini menjadi tempat tujuan favorit bagi para wisatawan.

Foto Negara Skotlandia

Penduduk

Skotlandia lebih kecil dari Inggris dan memiliki penduduk jauh lebih sedikit. Sebagian besar tanahnya berbatu dan terisolasi. Akibatnya, secara historis orang Skotlandia cenderung sangat mandiri. Orang Skotlandia adalah keturunan dari bangsa Celtic dan suku-suku lain yang bermigrasi ke daerah yang menjadi bagian dari Inggris dan daratan Eropa sebelum tahun 600 SM. Nama “Skotlandia” berasal dari Scotti, salah satu suku Celtic yang menetap di sana.

Bahasa dan Agama

Semua orang Scotlandia berbicara dalam bahasa Inggris, dengan aksen khas “burr.” Hampir 2 persen dari orang Skotlandia menggunakan bahasa Gaelic yang berasal dari bahasa Celtic. Banyak orang Skotlandia menganut Gereja Skotlandia, sebuah sekte Presbiterian dari Protestan.

Sekolah dan Perpustakaan

Pendidikan gratis dan wajib bagi anak-anak yang berusia antara 5 sampai 16 tahun. Pendidikan tinggi disediakan di 15 universitas, yang terbesar adalah Universitas Edinburgh dan Glasgow. Yang lain adalah universitas Aberdeen, St. Andrews, dan Dundee. Perpustakaan Nasional Skotlandia, di Edinburgh, memiliki sekitar 15 juta item.

Cara Hidup

Cara hidup Skotlandia mirip dengan Inggris. Namun, the Scots (orang Skotlandia) telah mempertahankan banyak tradisi yang berbeda. Tradisi ini meliputi tarian rakyat, bermain bagpipe, dan mengenakan pakaian adat kilt dan tartan yang berwarna-warni dengan pola kotak-kotak dari berbagai klan Skotlandia.

Olahraga dan Rekreasi

Skotlandia terkenal dengan golf, karena permainan ini dikembangkan di sana pada pertengahan 1700-an. Saat ini, Royal and Ancient Golf Club dari St. Andrews mungkin adalah klub golf paling terkenal di dunia. Permainan sepak bola dan rugby menarik banyak penonton. Highland Games juga populer, meliputi event atletik di samping kompetisi tarian rakyat dan bagpipe.

Bentang Alam

Skotlandia menempati sepertiga utara pulau Britania Raya. Dengan luas 78.783 kilometer persegi, negara ini ukurannya sama dengan negara bagian South Carolina di Amerika Serikat. Termasuk di dalamnya adalah sekitar 800 pulau di lepas pantai, dan kurang dari seperempatnya saja yang berpenghuni. Kelompok-kelompok pulau yang paling menonjol adalah Shetlands, Orkneys, dan Outer Hebrides.

Secara geografis, Skotlandia dibagi menjadi Highland, Lowland (Dataran Rendah), dan Upland (Dataran tinggi). Highland Skotlandia yang legendaris mencakup sekitar dua-pertiga dari wilayah negara. Highland dibagi oleh Glen More (Great Glen), sebuah lembah besar. Moor (dataran gersang dan tak subur) dan pegunungan yang sepi dan berangin kencang di barat laut Highland membentuk suatu wilayah paling alami di Eropa.

Di timur dan selatan Glen More ada Pegunungan Grampian, sungai yang mengalir deras, loch (danau), dan Moor yang dipenuhi tanaman heather. Di sini, Ben Nevis, gunung tertinggi di Inggris, berdiri dengan ketinggian 1.343 meter.

Beberapa lahan pertanian terbaik di Inggris ditemukan di Dataran Rendah Tengah, di lembah-lembah sungai. Daerah ini merupakan pusat perdagangan dan industri Skotlandia.Wilayah selatan Skotlandia, atau Dataran Selatan, mirip dengan Highland tetapi kurang berbatu. Domba yang merumput meramaikan bukit dan lembah yang tertutup rumput.

Sungai, Danau, dan Perairan Pesisir

Skotlandia dikelilingi di tiga sisi oleh Samudera Atlantik dan Laut Utara yang memiliki pemandangan mencengangkan. Tapi Skotlandia sangat dikenal karena banyaknya danau yang indah. Loch Lomond adalah yang terbesar, dan Loch Ness mungkin adalah yang paling terkenal. Danau ini adalah sumber dari legenda raksasa laut yang telah ada sejak ratusan tahun silam. Sungai utama Skotlandia adalah sungai Dee, Tay, Forth, Clyde, dan Tweed.

Iklim

Gulf Stream (Arus Teluk) lewat di dekat pantai barat laut yang terjal. Hal ini membuat iklim Skotlandia lebih hangat dari yang diperkirakan. Musim panas yang sejuk diikuti oleh musim dingin yang relatif ringan. Curah hujan di Skotlandia bervariasi dari 3.050 mm di barat sampai sekitar 635 milimeter di timur.

Sumber Daya Alam

Skotlandia miskin sumber daya alam. Meski demikian, negara ini mempunyai cadangan batubara, besi, granit, batu tulis, dan mineral lainnya. Mineral-mineral itu terletak terutama di Dataran Rendah Tengah. Hanya sekitar 15 persen dari tanah tersebut yang berhutan.

Ekonomi

Pertambangan batu bara dan pembuatan baja dulunya merupakan industri besar Skotlandia, tetapi telah menurun dalam beberapa dekade terakhir. Peningkatan terjadi pada industri yang terkait dengan jasa, teknologi tinggi, dan pengeboran minyak lepas pantai.

Jasa

Industri jasa, khususnya yang berkaitan dengan keuangan dan pariwisata, adalah salah satu segmen yang tumbuh paling cepat dari ekonomi Skotlandia. Jasa keuangan dan bisnis saja mempekerjakan lebih dari 300.000 orang.

Manufaktur

Industri elektronik hi-tech kini menyumbang hampir sepertiga dari output manufaktur dan setengah dari ekspor manufaktur Skotlandia. Perusahaan-perusahaan Skotlandia yang memproduksi komputer, software, mesin banking otomatis, dan peralatan teknologi tinggi lainnya mempekerjakan sebagian besar angkatan kerja.

Puluhan industri lain terkait dengan daerah tertentu. Wiski Scotch yang terkenal di dunia adalah ekspor terbesar kedua Skotlandia, dibuat terutama di timur laut. Wilayah timur tengah dikenal karena industri malting (konversi gandum menjadi malt) dan pembuatan minuman bir. Rami diproses di sepanjang Sungai Tay. Tekstil wol diproduksi di daerah selatan. Pakaian wol dibuat di Outer Hebrides. Aluminium dilebur di dataran tinggi, menggunakan pembangkit listrik tenaga air yang melimpah di wilayah ini.

Industri minyak dan gas lepas pantai adalah penyerap tenaga kerja besar lainnya. Aberdeen, kota besar paling utara Skotlandia, adalah basis darat untuk banyak industri perminyakan Laut Utara. Kilang utama terletak di Grangemouth, di mana pasokan asing minyak mentah berat diimpor. Kepulauan Shetland adalah terminal untuk jaringan pipa minyak dari ladang utara.

Pertanian

Produksi ternak mendominasi pertanian Skotlandia. Domba dan sapi sangat penting di Dataran Tinggi. Di sini, tanah yang tak subur, hujan, dan suhu rendah membuat tanaman susah berkembang. Sapi menjadi sumber daging dan susu. Domba menghasilkan daging dan wol berkualitas tinggi yang digunakan oleh produsen pakaian wool Skotlandia.

Pertanian Skotlandia sangat mekanis. Buah-buahan dan sayuran -kebanyakan dikalengkan, dibekukan, atau dibuat menjadi manisan- tumbuh melimpah, terutama di utara Sungai Forth.

Aberdeen, Peterhead, dan Mallaig adalah pusat perikanan penting. Lobster dan kerang lainnya telah membawa kemakmuran bagi beberapa pemukiman pesisir. Demikian juga peternakan ikan, terutama salmon. Tapi banyak kota-kota kecil telah mengalami penurunan tajam populasi ikan herring di barat daya Skotlandia dan di Laut Utara.

Kota-kota Besar

Edinburgh, ibukota Skotlandia, adalah salah satu kota Eropa yang paling indah. Pusat kota dibagi menjadi dua bagian -kota tua dan kota baru. Kota tua, berasal dari tahun 1000-an, kaya akan bangunan bersejarah. Edinburgh Castle dan University of Edinburgh termasuk di antara bangunan-bangunan itu. Setiap musim panas, ribuan pengunjung menghadiri Edinburgh International Festival of Music and Drama. Kota ini juga menjadi pusat Parlemen Skotlandia.

Glasgow adalah kota terbesar dan pelabuhan utama Skotlandia. Kota ini terletak di tepi Sungai Clyde, yang mengalir menuju Samudera Atlantik. Glasgow pernah menjadi pusat industri galangan kapal Skotlandia. Hari ini, kota ini adalah pusat dari ilmu pengetahuan, industri, dan teknik. Glasgow adalah rumah bagi Universitas Glasgow, yang didirikan pada tahun 1451, dan University of Strathclyde. Katedral St. Mungo di kota ini sangat, dibangun pada tahun 1200-an.

Warisan Budaya

Warisan seni Skotlandia dapat ditelusuri kembali ke sampai pada kaum bard (penyair). Mereka adalah pelantun ayat-ayat puitis yang berkembang sekitar tahun 1100. Para bard menurunkan seni mereka dari generasi ke generasi. Banyak kelompok seni pertunjukan modern Skotlandia yang terkenal di dunia, antara lain Royal Scottish National Orchestra, Scottish Opera, dan Scottish Chamber Orchestra. Musik Celtic dimainkan setiap bulan Januari di Glasgow Royal Concert Hall. Dan setiap bulan Agustus dan September, acara tahunan Edinburgh International Festival of Music and Drama menarik banyak wisatawan dari seluruh dunia.

Dalam dunia sastra, Skotlandia adalah tempat kelahiran penyair dan penulis terkenal seperti Robert Burns, Sir Walter Scott, Robert Louis Stevenson, dan Sir Arthur Conan Doyle. Penduduk asli Skotlandia juga memberikan kontribusi dalam bidang lain. Mereka antara lain filsuf David Hume dan konglomerat Andrew Carnegie. Di antara banyak ilmuwan dan penemu Skotlandia, ada Sir Alexander Fleming, penemu penisilin, dan Alexander Graham Bell, penemu telepon.

Sejarah dan Pemerintahan

Pemukiman awal Skotlandia berasal dari sekitar tahun 4.000 SM. Ribuan tahun kemudian, orang-orang Romawi berusaha untuk menaklukkan suku-suku utara yang bertikai. Tapi akhirnya mereka mundur ke selatan dari Hadrian Wall, yang mereka bangun (122-128) di Inggris utara. Pada tahun 900-an, banyak suku bangsa berbeda memberikan kontribusinya terhadap pembentukan kerajaan Skotlandia. Mereka adalah orang Pict, Skotlandia, Inggris, Angle, dan Viking.

Sebagian besar raja Skotlandia menghadapi tragedi dan pemberontakan. Misalnya, Raja Duncan I (? -1040) Dibunuh oleh jenderalnya, Macbeth (? -1057), yang pada gilirannya dibunuh oleh putra Duncan, Malcolm III (? -1093). Berabad-abad kemudian, peristiwa ini dikisahkan oleh dramawan Inggris, William Shakespeare, dalam drama Macbeth yang termasyhur.

Setelah kematian Alexander III (1241-1286), raja Skotlandia mulai berebut tahta. Raja Inggris, Edward I (1239-1307), menyerang Skotlandia. Ia menyatakan dirinya sebagai raja pada tahun 1292. Tapi Skotlandia di bawah kepemimpinan pahlawan besar pertama mereka, Sir William Wallace (1272? -1305), melakukan perlawanan terhadap Edward. Mereka mengalahkan Edward dalam Pertempuran Stirling (1297).

Inggris kemudian menangkap Wallace dan mengeksekusinya karena pengkhianatan. Pemberontakan Skotlandia kemudian dilanjutkan di bawah pimpinan Robert the Bruce (1274-1329). Ia dimahkotai Raja Robert I di tahun 1306. Ia kemudian mengalahkan Inggris di Bannockburn (1314). Dan di tahun 1328, Inggris menandatangani perjanjian untuk mengakui kemerdekaan Skotlandia.

Pada tahun 1371, Raja pertama Skotlandia dari House of Stuart dinobatkan sebagai Robert II (1316-1390). Keturunannya, James I (1394-1437) dan James II (1430-1460), memperkuat pemerintah pusat. Selama waktu itu, perdagangan makmur dan pendidikan berkembang.

Pada tahun 1502, James IV (1473-1513) mencoba memperkuat hubungan Skotlandia dengan Inggris. Ia melakukannya dengan menikahi Margaret Tudor (1489-1541), putri Henry VII (1457-1509). Tapi konflik antara James dan saudara Margaret, Henry VIII, menyebabkan perang perbatasan. James tewas dalam Pertempuran Flodden Field pada tahun 1513 dan digantikan oleh putranya, James V (1512-1542). Ia, pada gilirannya, digantikan oleh anak bayinya, Mary, Queen of Scots (1542-1587). Selama pemerintahan Mary, Skotlandia mengalami reformasi agama. Skotlandia membuang ratu Katolik dan menjadi sebuah negara Protestan.

Pada 1603, anak Mary, James VI (1566-1625), berhasil menduduki takhta Inggris sebagai James I. Melalui Union Act tahun 1707, Inggris (termasuk Wales), Irlandia, dan Skotlandia secara resmi bersatu di bawah satu parlemen dan satu penguasa. Sejak saat itu, kaum nasionalis Skotlandia menyerukan kemerdekaan. Namun, kebanyakan orang mendukung devolusi -kembali pada kekuatan legislatif terpilih Skotlandia.

Pemungutan suara dan devolusi gagal pada tahun 1979, tetapi kemudian berhasil pada tahun 1997. Hasilnya, Scotland Act tahun 1998 dijadikan dasar untuk pembentukan 129 anggota Parlemen dan Eksekutif Skotlandia, yang memimpin di Edinburgh. Pemilihan umum pertama Parlemen baru diadakan pada tahun 1999. Skotlandia terus diwakili oleh 72 anggota Dewan Rakyat Britania Raya dalam urusan luar negeri.

Komentar Anda