Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 21 Agustus

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 21 Agustus:

Kilas Balik Agustus

1986: Lebih dari 1.700 orang tewas ketika awan karbon dioksida meletus dari Danau Nyos di barat laut Kamerun.

1983: Pemimpin oposisi Filipina, Benigno Aquino, yang kembali ke Filipina setelah tiga tahun diasingkan di AS, dibunuh saat ia turun dari pesawatnya di Manila.

1959: Hawaii menjadi negara bagian ke-50 dari Amerika Serikat. (selengkapnya baca di artikel ini)

1944: Delegasi AS, Inggris, Soviet, dan Cina memulai konferensi di Dumbarton Oaks di Washington, D.C.; mereka meletakkan dasar bagi diskusi selanjutnya yang mengarah ke pembentukan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

1940: Leon Trotsky, pemikir revolusioner Marxis Rusia, politisi Soviet, dan penyelenggara fase Bolshevik dari Revolusi Rusia tahun 1917, tewas di pengasingan di Meksiko akibat serangan kapak yang dilakukan oleh seorang pembunuh Stalinis sehari sebelumnya.

1918: Selama Perang Dunia I, tentara Inggris dan Perancis melakukan serangan ulang di garis Jerman di fase kedua dari Pertempuran Amiens.

1831: Nat Turner melancarkan pemberontakan budak; pengikutnya tumbuh menjadi sekitar 70 orang, dan setidaknya 57 orang kulit putih tewas sebelum pemberontakan itu diredam sekitar empat hari kemudian.

Komentar Anda