Apa yang Menarik dari Lumba-lumba?

Lumba-lumba adalah makhluk yang indah dan megah yang membuat manusia terpesona sepanjang sejarah. Mereka ramah, lembut, menyenangkan, dan penuh kasih. Lumba-lumba bisa dilihat di banyak akuarium dan taman hiburan melakukan berbagai trik yang mengesankan dan menghibur. Pengunjung pantai terkadang bisa menonton kelompok lumba-lumba melompat dan bermain-main di habitat alami mereka. Makhluk yang unik ini adalah subyek dari banyak penelitian dan terus mempesona para ilmuwan.

Foto Lumba-lumba

Lumba-lumba adalah makhluk populer dan menarik bagi manusia di sepanjang sejarah. Di istana Knossos, dibangun pada 1600 SM, kamar mandi ratu dihiasi dengan lumba-lumba. Empat puluh kota Yunani yang berbeda menampilkan lumba-lumba di koin mereka. Studi tentang lumba-lumba pertama yang tercatat sejarah dilakukan oleh Aristoteles. Banyak suku di peradaban kuno percaya lumba-lumba adalah makhluk suci. Sejak abad kelima, ada banyak kisah lumba-lumba berteman dengan anak-anak, menyelamatkan orang yang tenggelam. dan membantu nelayan dengan mendorong ikan ke dalam jaring mereka.

Lumba-lumba adalah mamalia, yang berarti melahirkan anaknya dan menyusuinya. Lumba-lumba adalah makhluk berdarah panas. Sebuah lapisan tebal lemak di bawah kulit mereka membantu mengatur suhu tubuh dan menjaga mereka tetap hangat di perairan dingin. Lumba-lumba menggunakan ekolokasi untuk merasakan lingkungan mereka dan menemukan makanan. Ekolokasi melibatkan pengiriman suara ultrasound dan menunggunya memantul kembali. Makhluk eksotis ini memakan berbagai ikan, seperti mackerel, herring, cod, dan cumi-cumi.

Lumba-lumba biasanya memiliki panjang antara 2,5 dan 2,8 meter. Otak-rata lumba-lumba botol beratnya antara 1500 dan 1600 gram. Mereka biasanya berenang pada kecepatan antara 5 dan 12 kilometer per jam. Namun, makhluk kuat ini dapat mencapai kecepatan hingga 32 kilometer per jam. Seekor lumba-lumba dapat mengkonsumsi 4 sampai 10 persen dari berat tubuhnya setiap hari.

Lumba-lumba hidup dalam kelompok sosial. Studi membuktikan bahwa, makhluk lucu nan ramah ini perlu sentuhan dan interaksi untuk bertahan hidup. Seekor lumba-lumba yang terisolasi akan menjadi lemah dan sakit. Setiap individu lumba-lumba memiliki suara peluit unik yang mengidentifikasi dirinya dari lumba-lumba lain dan digunakan dalam komunikasi. Mereka berkomunikasi satu sama lain menggunakan serangkaian suara klik dan peluit.

Kesalahpahaman yang paling umum tentang lumba-lumba adalah bahwa mereka dianggap ikan. Habitat laut dan tubuh yang seperti ikan kerap membuat siapapun salah sangka, terutama anak-anak. Lumba-lumba bukanlah ikan, melainkan mamalia berdarah panas.

Tidak seperti ikan, mereka tidak bernapas di bawah air. Lumba-lumba bernapas melalui lubang sembur yang terletak di atas kepala mereka. Mereka secara sadar mengontrol setiap napas, tidak seperti manusia yang bisa bernapas tanpa sadar, tanpa berpikir tentang hal itu. Karena inilah, dokter hewan tidak dapat menggunakan anestesi pada lumba-lumba karena hewan ini akan mati lemas.

Komentar Anda