Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 20 Agustus

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 20 Agustus:

Kilas Balik Agustus

1998: Setelah serangan bom di kedutaan besar AS di Kenya dan Tanzania, Amerika Serikat membalas dengan melancarkan serangan rudal jelajah pada kamp-kamp Osama bin Laden di Afghanistan dan pabrik farmasi di Sudan yang diyakini terlibat dalam pembuatan senjata kimia.

1991: Boris Yeltsin menyerukan pemogokan umum sebagai penolakan terhadap usaha kudeta sayap kanan di Uni Soviet, memaksa para pemimpin untuk mengakui kekalahannya.

1988: Sebuah gencatan senjata mengakhiri pertempuran delapan tahun dalam Perang Iran-Irak.

1977: Voyager 2 diluncurkan untuk menjelajahi empat planet raksasa di tata surya, yakni Jupiter (pada tanggal 9 Juli 1979), Saturnus (25 Agustus 1981), Uranus (24 Januari 1986), Neptunus (25 Agustus , 1989), dan sekitarnya.

1968: Tank-tank Soviet meluncur ke Praha, ibukota Cekoslovakia, untuk mengakhiri periode liberalisasi Komunis yang dikenal sebagai Musim Semi Praha; pemimpin reformis Alexander Dubcek digulingkan.

1914: Selama Perang Dunia I, sekelompok pasukan Jerman menduduki Brussels dan lainnya maju menghadapi pasukan Prancis dalam Pertempuran Ardennes; yang terakhir berakhir empat hari kemudian ketika pasukan Prancis bercerai berai.

Komentar Anda