Profil Lengkap Negara Turki

Negara Turki melintasi dua benua, Asia dan Eropa. Karena lokasinya itu, Turki telah memainkan peran penting baik dalam sejarah Asia maupun Eropa. Selama sekitar 600 tahun, Turki adalah pusat Kekaisaran Ottoman besar. Pada puncak kekuasaannya, kekaisaran ini membentang dari Eropa tengah bagian timur hingga ke Asia Barat Daya dan Afrika Utara.

Foto di Negara Turki

Republik Turki modern, didirikan pada tahun 1923, hanya mempertahankan sebagian kecil wilayah Kekaisaran Ottoman yang dulu begitu luas. Tapi Turki masih merupakan negara yang cukup besar, ukurannya sebanding dengan gabungan negara bagian Utah, Arizona, dan Nevada di Amerika Serikat.

Turki telah menjadi anggota asosiasi Uni Eropa sejak 1963. Tapi negara ini tidak diundang untuk mengajukan permohonan keanggotaan penuh sampai tahun 1999. Sejak saat itu, Turki dan Eropa membahas masalah penting mengenai identitas nasional Turki: Apakah Turki termasuk bagian Eropa atau bagian dari Timur Tengah?

Penduduk

Daerah yang kini menjadi negara Turki telah dihuni oleh berbagai bangsa sejak zaman kuno. Daerah ini adalah tempat kelahiran bangsa Het, salah satu peradaban paling awal. Kemudian, orang Yunani dari Eropa dan orang Arab serta bangsa-bangsa lain dari Asia menetap di bagian wilayah ini.

Orang Turki berasal dari Asia Tengah. Mereka tiba setelah tahun 1000 M dan akhirnya menjadi penduduk yang dominan. Hari ini, orang Turki membentuk sebagian besar penduduk negara ini. Orang Kurdi adalah orang-orang non-Turki. Sebagian besar dari mereka tinggal di bagian tenggara Turki. Mereka membentuk kelompok minoritas terbesar, dengan sekitar 20 persen dari populasi.

Bahasa dan Agama

Bahasa Turki, bahasa resmi negara, berasal dari Asia. Pada suatu waktu huruf Arab digunakan untuk menulis bahasa Turki. Tapi alfabet Romawi yang dimodifikasi sekarang lebih digunakan. Hampir semua orang Turki memeluk Islam; masjid bisa ditemukan di seluruh negeri.

Pendidikan

Pendidikan dasar, menengah, dan perguruan tinggi di Turki gratis. Pendidikan dasar wajib bagi anak-anak usia 6 sampai 14 tahun. Ada sekolah menengah di semua kota kecil dan kota besar. Sekolah teknik, sekolah pelatihan guru, dan perguruan tinggi memberikan pendidikan lebih lanjut. Turki memiliki sejumlah perguruan tinggi. Yang terbesar adalah Universitas Istanbul. Beberapa universitas baru didirikan pada era 90-an.

Cara Hidup

Cara hidup orang Turki menggabungkan tradisi Eropa dan Asia. Penampilan dan pakaian kebanyakan orang Turki menyerupai orang Eropa. Tapi makanan, seni dan kerajinan, serta cerita rakyat Turki lebih mencerminkan pengaruh Asia.

Hidangan favorit orang Turki adalah kebab shish, potongan kecil daging (domba atau sapi) dan bawang yang dipanggang di atas panggangan arang. Orang Turki pertama kali belajar membuat kopi di Yaman selama tahun 1500-an, setelah mereka menaklukkan Semenanjung Arab. Mereka mengangkut kopi ke Turki dan kemudian memperkenalkannya ke Eropa.

Geografi

Turki Asia dan Turki Eropa dipisahkan oleh selat Bosporus, Laut Marmara, dan selat Dardanella. Rute perairan sempit ini menjadi salah satu jalur laut paling strategis di dunia.

Turki Asia, disebut Anatolia (Anadolu dalam bahasa Turki), sering disebut sebagai Asia Kecil. Dua pegunungan utama melintasinya dari arah timur ke barat. Di utara, Pegunungan Anatolia Utara (sistem pegunungan Pontic) mengikuti pantai Laut Hitam. Di selatan, Pegunungan Taurus mengikuti pantai Laut Mediterania. Kedua pegunungan ini bertemu di dataran tinggi Anatolia timur.

Gunung Ararat, sebuah gunung berapi yang menjadi puncak tertinggi di negara itu, terletak di sana, di dekat perbatasan dengan Iran dan Armenia. Menurut legenda, gunung itu adalah lokasi bahtera Nabi Nuh. Di selatan dataran tinggi timur, perbukitan rendah dan dataran rendah menyatu dengan dataran Suriah dan Irak.

Dataran tinggi Anatolia terletak di antara Pegunungan Anatolia Utara dan Pegunungan Taurus. Di barat, konfigurasi ini menciptakan dataran rendah yang subur, salah satu daerah pertanian terbaik di negeri ini.

Turki Eropa, atau Thrace, adalah apa yang tersisa dari wilayah luas kerajaan Turki di Eropa di masa lalu. Thrace, daerah dataran rendah dan bukit-bukit, memiliki garis pantai terjal. Pegunungan rendah membentang dari perbatasan Bulgaria di sepanjang pantai Laut Hitam.

Sungai dan Danau

Sungai Kizil Irmak dan Sakarya mengalir melalui Turki Asia ke Laut Hitam. Sungai berliku yang pendek mengalir ke Laut Aegea, disebut Menderes, dari kata Yunani kuno yang berarti “untuk berkelok-kelok.” Sungai Seyhan, Ceyhan, dan Orontes di selatan digunakan untuk irigasi. Danau Van dan Danau Tuz, keduanya adalah danau asin, merupakan danau terbesar di Turki.

Iklim

Turki Eropa dan pesisir Turki Asia memiliki musim dingin yang ringan, sejuk, dan berhujan, sedangkan musim panas hangat dan kering. Suhu musim dingin jarang turun di bawah titik beku, dan embun beku serta salju jarang terjadi. Suhu musim panas rata-rata 24 °C. Pantai barat mendapat sekitar 650 milimeter curah hujan setiap tahunnya. Di timur, curah hujan jauh lebih tinggi.

Dataran tinggi Anatolia memiliki musim dingin yang sangat dingin, dan es membeku lebih dari 100 hari setiap tahun. Hari-hari di musim panas sangat panas, tapi malam hari dingin. Curah hujan tahunan antara 250 dan 430 milimeter. April dan Mei biasanya adalah bulan-bulan terbasah di daerah ini.

Bagian timur Turki Asia memiliki salah satu iklim paling ekstrim di dunia. Suhu musim dingin serendah -40 °C pernah tercatat. Hujan salju turun sangat deras. Musim panas sangat panas, dengan suhu siang hari meningkat menjadi lebih dari 38 °C.

Sumber Daya Alam

Batubara, tembaga, dan bijih besi telah ditambang di Turki sejak zaman kuno. Kromium, boron, dan beberapa minyak bumi juga diproduksi. Deposit minyak bumi Turki hanya memasok sebagian kecil kebutuhan negara; sisanya harus diimpor.

Satu mineral khas Turki adalah meerschaum, digunakan dalam pembuatan semacam pipa rokok. Sumber daya mineral lainnya belum sepenuhnya dikembangkan.

Ekonomi

Ekonomi Turki, yang terbesar di Timur Tengah, ada dalam peringkat dua puluh besar di dunia.

Jasa

Sektor jasa mempekerjakan sekitar 38 persen dari total angkatan kerja. Di antara para pekerja ini adalah bankir, broker real estate, tenaga penjualan, guru, dan pegawai pemerintah. Pariwisata adalah bagian yang sangat penting dari perekonomian. Sektor jasa yang terkait pariwisata mempekerjakan sekitar 3 juta orang.

Manufaktur

Didorong oleh investasi pemerintah, industri Turki telah berkembang dengan pesat dalam beberapa tahun terakhir, dan ekspor barang-barang industri telah melampaui nilai ekspor pertanian. Industri ini mempekerjakan sekitar 14 persen dari angkatan kerja. Tekstil dan pakaian adalah produk paling penting, diikuti makanan olahan, mobil, baja, kayu, dan kertas.

Pertanian

Sekitar 40 persen dari angkatan kerja bergerak di bidang pertanian. Gandum, yang tumbuh terutama di dataran tinggi Anatolia, adalah tanaman utama. Sereal penting lainnya adalah jagung, barley, dan beras. Tanaman ekspor utama adalah kapas, tumbuh di pantai Mediterania, dan tembakau, tumbuh di pantai Aegea dan laut Hitam. Tanaman komersial lainnya meliputi tomat, buah ara, kismis, buah zaitun, hazelnut, kacang pistachio, dan buah jeruk.

Wilayah Turki yang luas, terutama di dataran tinggi Anatolia, hanya digunakan sebagai ladang penggembalaan. Meningkatnya populasi domba dan kambing merupakan bagian penting dari perekonomian. Domba merupakan sumber daging utama di Turki. Susu kambing digunakan untuk membuat keju. Wol domba digunakan dalam industri tekstil, dan bulu kambing dibuat menjadi mohair.

Transportasi

Lebih dari 8.000 kilometer jalur kereta api menghubungkan Turki dengan semua bagian Eropa dan Timur Tengah. Semua kota-kota penting di negara itu dihubungkan oleh kereta api. Namun jalan yang tidak beraspal jumlahnya masih dua kali lipat dari jalan yang beraspal. Tapi banyak jalan yang tahan segala cuaca telah dibangun dalam beberapa tahun terakhir.

Karena garis pantai Turki cukup panjang, perjalanan sepanjang pantai dengan kapal uap juga sangat populer. Istanbul dan Izmir adalah dua kota pelabuhan utama. Transportasi udara semakin penting. Penerbangan internasional dilayani di Istanbul, Ankara, dan Adana.

Komunikasi

Kurang dari sepertiga dari populasi Turki memiliki televisi atau radio. Namun, sistem telekomunikasi, telepon selular, dan layanan Internet sedang meningkat. Dua surat kabar yang paling penting adalah Cumhuriyet (Republik) dan Hürriyet (Freedom).

Kota-kota Besar

Istanbul terletak di kedua sisi Bosporus, di Eropa dan di Asia. Ini adalah kota terbesar di Turki. Selama sekitar 470 tahun, Istanbul menjadi ibu kota Turki. Meski kini Istanbul tidak lagi menjadi ibukota, kota ini tetap menjadi pelabuhan utama dan pusat komersial yang paling penting di Turki. Dulu disebut Byzantium, Istanbul menjadi ibu kota Kekaisaran Bizantium (Kekaisaran Romawi Timur) pada 330 M. Nama “Byzantium” kemudian diubah menjadi Konstantinopel untuk menghormati kaisar Romawi, Konstantinus Agung. Turki Ottoman menaklukkan kota itu pada tahun 1453 dan mengganti namanya menjadi Istanbul.

Ankara adalah ibu kota Turki dan kota terbesar kedua di negara itu. Dulu dikenal sebagai Angora, kota ini terletak di bagian tengah dataran tinggi Anatolia. Bagian tua kota merupakan pusat perdagangan kuno, sedangkan bagian kota yang baru dibangun oleh Kemal Atatürk (1881-1938), presiden pertama Republik Turki. Di luar kota baru ada monumen megah yang menjadi tanda tempat pemakaman Atatürk.

Izmir (Smyrna) terletak di Laut Aegea. Ini adalah kota pelabuhan yang paling penting kedua di Turki, yang mengekspor terutama produk pertanian, seperti tembakau dan kapas. Adana, pusat industri kapas, terletak di Sungai Seyhan di bagian selatan Turki Asia.

Warisan Budaya

Selama lebih dari seribu tahun, Konstantinopel (sekarang Istanbul) adalah pusat kebudayaan Kekaisaran Romawi Timur. Setelah Turki merebut kota ini pada tahun 1453, daerah yang sekarang menjadi Turki jatuh di bawah pengaruh Turki Utsmani.

Selama berabad-abad seniman Turki telah menggunakan desain geometris untuk membuat ukiran kayu, logam, karpet dan karpet, keramik, dan ubin mereka yang terkenal. Musik dan arsitektur menunjukkan pengaruh Eropa yang kuat, meskipun mereka telah mempertahankan karakter nasional.

Pemerintah

Turki adalah sebuah republik, diatur dalam konstitusi yang disahkan pada tahun 1982. Konstitusi ini memberikan bentuk pemerintahan parlementer, yang terdiri atas presiden, perdana menteri, dan legislatif, Majelis Nasional Agung. Legislator dipilih oleh rakyat untuk masa jabatan 5 tahun.

Presiden, yang dipilih oleh Majelis Nasional Agung selama tujuh tahun, adalah kepala negara dan panglima tertinggi angkatan bersenjata dan memiliki kekuasaan eksekutif yang luas. Presiden menunjuk perdana menteri dari anggota Majelis Nasional. Perdana menteri memimpin Dewan Menteri, atau kabinet, dan mengepalai kegiatan sehari-hari pemerintah. Turki terbagi menjadi 81 provinsi. Masing-masing memiliki seorang gubernur yang ditunjuk oleh presiden dan dewan terpilih.

Komentar Anda