Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 19 Agustus

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 19 Agustus:

Kilas Balik Agustus

2003: Sebuah serangan bom di markas besar PBB di Baghdad menewaskan 22 orang, termasuk perwakilan Sekjen PBB di Irak, Sergio Vieira de Mello; pada hari yang sama, seorang pembom bunuh diri Palestina meledakkan bus di Yerusalem, menewaskan 23 orang dan mengancam “roadmap” perdamaian internasional.

1953: Di Iran, Perdana Menteri Muhammad Mosaddeq, yang telah menasionalisasi Anglo-Iranian Oil Company pada tahun 1951, digulingkan dalam kudeta yang didukung oleh Inggris dan Amerika Serikat setelah ia mencoba untuk menggulingkan shah Iran, Muhammad Reza Shah Pahlavi.

1936: Federico García Lorca, penyair dan dramawan Spanyol paling terkenal di abad ke-20, dibunuh oleh regu tembak Nasionalis segera setelah dimulainya Perang Saudara Spanyol.

1934: Sekitar 95 persen pemilih yang terdaftar di Jerman pergi ke tempat pemungutan suara dan memberikan 38 juta dukungan pada Hitler (90 persen suara), menjadikan Hitler sebagai Führer bangsa Jerman dengan dukungan yang sangat besar dari rakyat Jerman.

1839: Penemuan Daguerreotype, bentuk reproduksi praktis pertama dalam fotografi, diumumkan ke publik di Prancis; ini adalah karya Louis J. M. Daguerre.

1662: Blaise Pascal, ilmuwan, matematikawan, dan filsuf besar Perancis, meninggal dunia.

Komentar Anda