Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 18 Agustus

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 18 Agustus:

Kilas Balik Agustus

1991: Kelompok Komunis Konservatif dalam tentara Soviet dan KGB mengadakan kudeta terhadap Mikhail Gorbachev, pemimpin liberalisasi Uni Soviet; kudeta diredam tiga hari kemudian oleh pembangkangan dari Boris Yeltsin dan sekutu-sekutunya.

1917: Selama Perang Dunia I, Italia di bawah Jenderal Luigi Cadorna meluncurkan Pertempuran Kesebelas Sungai Isonzo dan membuat kemajuan yang jelas.

1846: Selama Perang Meksiko, Brig. Jenderal Stephen Watt Kearny dan 2.000-an orang “Tentara Barat” memasuki Santa Fe tanpa perlawanan.

1871: Alphonse PĂ©naud pelopor aeronautika Prancis, menerbangkan model monoplane Planophore, yang menggunakan motor karet putar untuk pertama kalinya.

1860: Giuseppe Garibaldi dan gerilyawan Tentara Kaos Merahnya mulai menyeberangi Selat Messina ke daratan Italia.

1780: Selama Revolusi Amerika, pasukan Inggris di bawah Sir Banastre Tarleton mengalahkan pasukan Amerika yang dipimpin Jenderal Thomas Sumter di Fishing Creek, South Carolina.

1227: Genghis Khan, yang penaklukannya telah mendirikan kerajaan Mongol yang membentang dari Samudera Pasifik ke Laut Hitam dan dari Siberia ke perbatasan utara daratan Asia Tenggara, meninggal dunia.

Komentar Anda