Profil Lengkap Negara Vietnam

Vietnam adalah negara yang menempati bagian timur semenanjung Indochina di Asia Tenggara. Tetangganya adalah China di utara dan Kamboja dan Laos di barat. Sebagian besar sejarah Vietnam ditandai dengan perjuangan rakyat untuk membebaskan diri dari dominasi asing. Dalam waktu sekitar 1.000 tahun, Vietnam dikuasai oleh China, yang sangat mempengaruhi budaya dan peradaban mereka.

Foto kota di Vietnam

Pada pertengahan 1800-an Vietnam menjadi bagian dari koloni Indochina Perancis. Vietnam merdeka dari Perancis pada tahun 1954 dan terbagi menjadi dua negara, yakni Republik Demokratik Vietnam (Vietnam Utara) dan Republik Vietnam (Vietnam Selatan). Pemisahan ini menyebabkan perang saudara. Setelah Perang Vietnam (1957-1975), pemerintahan di Selatan digulingkan oleh pasukan komunis Utara. Pada tahun 1976, dua bagian negara itu secara resmi bersatu kembali sebagai Republik Sosialis Vietnam.

Penduduk

Selain Singapura, Vietnam adalah negara paling padat penduduknya di Asia Tenggara. Negara ini memiliki lebih dari 80 juta orang. Lebih dari 85 persen dari populasinya adalah etnis Vietnam. Minoritas antara lain etnis China, Hmong, Thai, Khmer (Kamboja), Cham, dan Montagnard (masyarakat bukit).

Mayoritas orang Vietnam tinggal di desa-desa kecil. Mereka mencari nafkah dengan bertani. Rumah-rumah mereka dibangun dari lumpur dan bambu dengan atap jerami, daun kelapa, dan rumput. Rumah di sepanjang sungai dibangun di atas panggung. Ikatan antar anggota keluarga pedesaan umumnya kuat. Dan satu rumah tangga dapat mencakup tiga atau empat generasi. Sebagian besar pekerjaan dilakukan oleh perempuan. Lelaki dewasa dan anak-anak bekerja di ladang. Kerbau digunakan untuk membajak.

Sebagian penduduk kota tinggal di rumah bertingkat yang dibangun dari kayu atau beton. Rumah yang lebih besar dapat menampung sejumlah keluarga. Selama Perang Vietnam, banyak orang Vietnam pindah ke kota-kota, menyebabkan kepadatan penduduk yang serius. Untuk meredakan masalah itu, pemerintah memukimkan sejumlah besar orang di “zona ekonomi baru” di pedesaan.

Bahasa

Bahasa Vietnam adalah bahasa resmi negara. Bahasa ini pada awalnya ditulis dalam huruf China. Kosa katanya meliputi kata-kata dan istilah China. Di tahun 1600-an, bahasa Vietnam ditulis dalam tulisan Romawi disebut quoc-ngu, dan pada tahun 1900 menjadi tulisan resmi.

Sebagian besar orang China di Vietnam berbicara dalam dialek Kanton. Kaum Montagnard memiliki bahasa mereka sendiri yang berbeda. Bahasa Prancis, bahasa masa kolonial, masih dituturkan oleh beberapa orang Vietnam. Bahasa Inggris, kini diajarkan di sekolah, meningkat penggunaannya.

Agama

Buddha Mahayana adalah agama utama orang Vietnam. Agama ini diperkenalkan dari India dan China, bersama dengan ajaran Taoisme dan Konfusius. Sejumlah besar orang di Vietnam, khususnya di selatan, memeluk Katolik Roma.

Pendidikan

Pendidikan dasar di Vietnam gratis dan wajib dari usia 6 sampai 11 tahun. Di luar tingkat itu, biaya pendidikan terlalu mahal bagi banyak keluarga. National University memiliki cabang utama di Hanoi dan Ho Chi Minh. Ini adalah institusi pendidikan tinggi paling terkenal di negara itu.

Pakaian

Di kota-kota, kebanyakan orang Vietnam memakai pakaian bergaya barat. Perempuan kadang-kadang memakai pakaian tradisional ao dai, tunik panjang dengan belahan di setiap sisi yang dikenakan di atas celana bergaya China. Di daerah pertanian, baju yang dikenakan oleh kaum pria dan wanita sangat mirip. Pakaian atas dikenakan di atas celana katun lebar. Celana dapat digulung di atas lutut ketika bekerja di sawah. Sebuah topi kerucut besar biasanya dipakai untuk perlindungan dari silau matahari atau hujan lebat. Kadang-kadang kain juga dikenakan di kepala dengan gaya sorban.

Makanan

Makanan Vietnam disajikan di atas meja rendah dan dimakan dengan sumpit. Nasi dan ikan adalah makanan utama, dilengkapi dengan sayuran, unggas, dan babi. Ikan sering digunakan untuk membuat nuoc mam, saus tradisional. Buah atau manisan disajikan bersama makanan utama.

Bentang Alam

Vietnam membentang sekitar 1.600 kilometer dari China di utara ke Teluk Thailand di selatan. Dari segi ukuran, Vietnam sedikit lebih besar daripada negara bagian AS, New Mexico. Banyak wilayah negara ini yang bergunung-gunung dan berhutan lebat.

Vietnam terdiri atas lima wilayah geografis, yakni Dataran Tinggi Utara, Deretan Annam, Dataran Rendah Pesisir, Delta Sungai Merah, dan Delta Mekong. Dataran Tinggi Utara, di barat laut, berhutan lebat dan jarang penduduknya. Fan Si Pan, puncak tertinggi di Vietnam, yang tingginya mencapai 3.144 meter, berada di wilayah ini, tidak jauh dari perbatasan China. Gunung-gunung dari Deretan Annam memanjang ke selatan dari Dataran Tinggi Utara. Gunung-gunung itu juga berhutan lebat dan sedikit penduduknya.

Dataran Rendah Pesisir, di Vietnam tengah timur, membentang dari Delta Sungai Merah, dekat Hanoi, ke selatan Delta Mekong, dekat Kota Ho Chi Minh. Kedua delta subur ini adalah daerah pertanian yang paling penting di negeri ini.

Sungai, Danau, dan Perairan Pesisir

Sungai Merah berasal dari China dan mengalir ke arah tenggara melalui Vietnam ke Teluk Tonkin. Delta yang dibentuk oleh sungai ini adalah pusat ekonomi Vietnam utara. Mekong adalah salah satu sungai terpanjang di Asia yang mengalir dari Kamboja ke Vietnam selatan. Di sana, sungai terbagi menjadi beberapa cabang sebelum bermuara di Laut China Selatan.

Iklim

Vietnam Utara beriklim subtropis, dengan musim panas yang cukup panas dan hujan deras. Musim dingin sedikit sejuk dan basah. Bagian selatan Vietnam beriklim tropis. Cuaca sangat dipengaruhi oleh angin musiman yang disebut muson. Perbedaan musim ini terutama terletak pada jumlah curah hujan. Musim panas (Mei-Oktober) cukup panas dan sangat basah, dan banjir sering terjadi di delta Mekong. Musim dingin kering dan hanya sedikit dingin.

Sumber Daya Alam

Lebih dari setengah wilayah Vietnam, khususnya gunung-gunung dan dataran tinggi, ditutupi oleh hutan lebat, terutama bambu. Gajah, badak, harimau, macan kumbang, dan hewan liar lainnya tinggal di sana. Ikan berlimpah di sungai dan perairan pesisir.

Batubara, yang ditambang di utara, dan minyak bumi, yang ditemukan terutama di Laut China Selatan, adalah dua sumber daya mineral utama negara itu. Bersama dengan pembangkit listrik tenaga air yang dihasilkan oleh sungai Vietnam, ketiganya menjadi sumber energi utama di negara itu. Cadangan kecil bijih besi, seng, timah, bauksit, dan mineral lainnya juga ditemukan.

Ekonomi

Setelah Perang Vietnam, Komunis berusaha untuk menciptakan ekonomi yang dikontrol pemerintah di selatan, seperti yang sudah lama terjadi di utara. Pertanian diorganisir menjadi kolektif, di bawah kontrol masyarakat dan diawasi oleh pemerintah, perdagangan dan industri dinasionalisasi. Namun, sistem ini gagal memulihkan ekonomi yang rusak akibat perang. Jadi perdagangan bebas dalam takaran tertentu diizinkan, meskipun pemerintah tetap mempertahankan kontrol utama.

Jasa

Pada pergantian abad, semua industri jasa menyumbang hampir 40 persen dari ekonomi Vietnam. Sektor ini meliputi perbankan, pemerintah, kerajinan, transportasi, dan peralatan. Kenaikan sektor pariwisata juga mendorong pertumbuhan jasa restoran, hotel, dan maskapai.

Manufaktur

Sebagian besar industri berat Vietnam terletak di utara, meliputi produksi mesin, semen, pupuk kimia, kaca, ban, dan baja. Makanan olahan, pakaian, sepatu, dan barang-barang rumah tangga lainnya diproduksi di pabrik-pabrik di dekat kota-kota besar. Manufaktur menyumbang lebih dari sepertiga dari ekonomi Vietnam.

Pertanian

Padi adalah tanaman utama negara itu. Padi ditanam di sekitar 80 persen lahan pertanian di Vietnam. Di beberapa tempat, tiga tanaman bisa tumbuh setiap tahun. Budidaya padi telah meningkat begitu pesat hingga Vietnam menjadi salah satu negara pengekspor beras terkemuka di dunia. Tanaman komersial penting lainnya antara lain karet, kedelai, kopi, dan teh. Secara keseluruhan, pertanian telah mempekerjakan hampir dua pertiga dari tenaga kerja nasional.

Kota-kota besar

Hanoi adalah bekas ibukota Vietnam Utara. Kota ini menjadi ibukota Vietnam bersatu pada tahun 1976. Hanoi terletak di Sungai Merah, dekat dengan Haiphong, pelabuhan utama di Teluk Tonkin.

Ho Chi Minh City adalah kota terbesar di Vietnam. Kota ini terletak di dekat Laut China Selatan dan merupakan pelabuhan utama untuk bagian selatan negara itu. Sebelumnya dikenal sebagai Saigon yang menjadi ibukota Vietnam Selatan sampai tahun 1975. Komunis mengganti nama kota itu untuk menghormati mantan pemimpin Vietnam Utara.

Pemerintah

Vietnam adalah negara satu partai, yang diatur oleh Partai Komunis Vietnam (VCP). Konstitusinya, yang diadopsi pada tahun 1992, diamandemen pada tahun 2001. Legislatif memiliki kekuasaan untuk memberhentikan presiden dan perdana menteri dan menyetujui perjanjian internasional. Lembaga legislatif, Majelis Nasional, dipilih untuk masa jabatan lima tahun. Majelis Nasional memilih presiden dari kalangan anggotanya untuk masa jabatan 5 tahun. Presiden menunjuk perdana menteri untuk memimpin pemerintahan.

Komentar Anda