Profil Lengkap Negara Kuwait

Kuwait adalah negara kecil yang terletak di Semenanjung Arab di Asia Barat Daya. Sebelum penemuan minyak di tahun 1930-an yang membuatnya menjadi salah satu negara terkaya di dunia, Kuwait adalah negara Arab miskin yang sedikit diketahui orang.

Foto Negara Kuwait

Penduduknya secara tradisional mencari nafkah dari pembuatan kapal, budidaya mutiara, perikanan, dan beternak. Minyak telah mengubah Kuwait, membantu negara ini membiayai berbagai program kesejahteraan sosial bagi warganya. Kekayaan nasional Kuwait ini menggoda tetangganya yang lebih kuat, Irak. Irak menginvasi Kuwait pada tahun 1990, memulai Perang Teluk Persia tahun 1991.

Penduduk

Kelompok Etnik, Agama, Bahasa

Orang Kuwait adalah Muslim. Bahasa Arab adalah bahasa nasional. Bahasa Inggris digunakan secara luas. Secara tradisional, kurang dari setengah penduduk Kuwait adalah orang Kuwait sendiri. Sisanya adalah pekerja imigran dan keturunanya. Orang Arab Palestina dulu membentuk kelompok pekerja asing terbesar. Tapi mereka mendukung Irak ketika menginvasi Kuwait pada tahun 1990. Akibatnya, hampir 450.000 orang Palestina dideportasi. Saat ini, kurang dari 40.000 warga Palestina tetap berada di Kuwait.

Imigran lainnya berasal dari berbagai bagian dari Timur Tengah dan Asia Selatan. Ribuan orang Eropa dan Amerika juga dipekerjakan oleh perusahaan-perusahaan minyak. Kuwait sejak lama telah mengadopsi kebijakan yang tidak terlalu bergantung pada asing.

Cara Hidup

Sebelum minyak booming, sebagian besar orang tinggal di kota-kota tua Kuwait, di rumah berdinding lumpur dan batu bata yang berada dalam gang-gang yang berkelok-kelok. Orang-orang di luar kota adalah badui nomaden, penggembala unta, kambing, dan domba.

Cara hidup ini berubah secara tiba-tiba, pada tahun-tahun setelah Perang Dunia II (1939-1945), ketika Kuwait mulai mengekspor minyak dalam jumlah besar. Sebagian besar kota tua Kuwait digantikan oleh Kuwait City. Kota ini adalah ibukota modern dengan jalan yang lebar, pertokoan, bank, hotel mewah, dan layanan perkotaan yang paling up-to-date.

Negara Kesejahteraan (Welfare State)

Kuwait menggabungkan fitur tertentu dari ekonomi usaha bebas dengan orang-orang dari negara kesejahteraan (welfare state/negara yang pemerintahannya menjamin terselenggaranya kesejahteraan rakyat). Proyek kesejahteraan meliputi perumahan bagi orang berpenghasilan rendah dan perawatan medis gratis serta rawat inap. Pendidikan gratis dan makan siang gratis serta sarana transportasi untuk anak sekolah juga disediakan. Pemerintah juga membangun toko ritel untuk menyediakan pekerjaan bagi kaum pengangguran.

Pembangkit listrik digunakan untuk penerangan jalan dan sebagian besar rumah. Kuwait membangun pabrik penyulingan air laut untuk menghasilkan air minum. Sebelum pabrik distilasi ini dibangun, Kuwait harus mengimpor sebagian besar air minum.

Dalam rangka mengawasi berbagai layanan masyarakat yang berbeda, Kuwait memiliki proporsi pegawai pemerintah yang sangat besar dalam kaitannya dengan populasi.

Pendidikan

Pendidikan umum di Kuwait gratis. Satu tahun TK diikuti oleh dua belas tahun sekolah dasar, menengah pertama, dan menengah atas. Lulusan sekolah menengah atas dapat melanjutkan ke instansi teknis atau perguruan tinggi. University of Kuwait didirikan pada tahun 1966. Beberapa siswa dikirim ke perguruan tinggi dan universitas di luar negeri dengan biaya negara. Sistem ini juga mencakup program pendidikan orang dewasa.

Bentang Alam

Kuwait terletak di pantai timur Semenanjung Arab, di ujung barat laut Teluk Persia. Kuwait bertetangga dengan Irak dan Arab Saudi. Batas-batas dengan Arab Saudi ditetapkan pada tahun 1922. Kedua negara ini tidak bisa mencapai kesepakatan tentang siapa dari mereka yang harus memerintah daerah gurun di selatan Kuwait di perbatasan Arab Saudi. Jadi mereka menjadikan wilayah ini sebagai zona netral bersama. Pentingnya wilayah ini semakin disadari ketika ketika minyak ditemukan di sana. Sejak saat itu zona ini telah dipartisi antara Kuwait dan Arab Saudi. Tapi mereka terus berbagi pendapatan dari minyak.

Hampir semua wilayah negara ini datar dan bergurun pasir dengan bukit-bukit kecil. Di sana-sini terdapat beberapa oasis. Oasis menyediakan tempat tinggal dan penghidupan bagi perantau Badui beserta kambing, domba, dan lembu mereka. Curah hujan minim, sebagian besar jatuh antara bulan Oktober dan April. Iklim Kuwait adalah salah satu yang terpanas di dunia. Suhu sering mencapai titik 52 °C di musim panas. Selama musim dingin, suhunya jauh lebih dingin.

Ekonomi

Pertanian

Kuwait memiliki sedikit pertanian. Kebanyakan makanan harus diimpor. Beberapa petani mencari nafkah dengan menanam sayuran dan biji-bijian sereal, seperti gandum, di oasis. Dari ternak mereka, orang Badui memperoleh daging, susu, kulit, dan bulu kambing dan unta untuk membuat pakaian dan tenda mereka.

Minyak

Sejak penemuan minyak, ekonomi Kuwait telah bergantung pada industri tersebut. Pada tahun 1934, pemerintah Kuwait memberi hak untuk mengeksplorasi minyak di Kuwait pada perusahaan Anglo-Iranian Oil Company milik Inggris (British Petroleum Company) dan Gulf Oil Company milik Amerika. Kedua perusahaan itu membentuk Kuwait Oil Company. Pada tahun 1938, ladang minyak Burgan, terletak di sebelah selatan kota Kuwait, ditemukan. Tambang ini dianggap sebagai ladang minyak tunggal terkaya di dunia. Ladang lainnya segera ditemukan sejak saat itu. Kuwait Oil Company dinasionalisasi pada tahun 1975.

Cadangan minyak mentah Kuwait adalah salah satu yang terbesar di dunia. Pendapatan minyak meningkat pada kecepatan tinggi hingga pendapatan per kapita tahunan tumbuh dari 35 dolar sebelum Perang Dunia II hingga lebih dari 20.000 dolar sebelum invasi Irak tahun 1990. Kekayaan negara begitu besar hingga negara-negara Arab lainnya bergantung pada Kuwait sebagai sumber dana untuk pembangunan ekonomi mereka. Pemerintah juga telah menginvestasikan banyak pendapatan minyaknya di luar negeri.

Industri

Industri Kuwait didasarkan pada minyak, meliputi penyulingan minyak, pengolahan produk minyak, dan produksi gas alam. Manufaktur meliputi batu bata sand-lime bricks, beton, rumah prefabrikasi, dan makanan olahan. Pembuatan furnitur, perikanan, dan pembuatan kapal merupakan industri tradisional.

Kota-kota Penting

Kuwait City adalah kota terbesar, ibukota, dan pelabuhan utama Kuwait. Kota ini telah berubah secara dramatis dari sebuah desa nelayan berdinding lumpur dan pusat perdagangan mutiara. Kapal layar anggun yang disebut dhow sekali menghiasi perairan. Kini, Kuwait City memiliki jalan yang luas dan bangunan bertingkat tinggi. Kota ini adalah jantung komersial, keuangan, dan industri negara. Banyak orang Kuwait meninggalkan kota ini ketika Kuwait diserang Irak. Mereka yang tetap bertahan mengalami penderitaan di bawah pendudukan Irak.

Daerah perkotaan yang penting lainnya adalah Mena al Ahmadi, pelabuhan minyak; kota pelabuhan Shuwaykh; dan kota baru Ahmadi, dibangun oleh Kuwait Oil Company.

Pemerintah

Kuwait adalah negara monarki konstitusional. Penguasanya adalah emir, yang merupakan anggota keluarga Sabah yang telah memerintah Kuwait sejak 1756. Emir ini dipilih seumur hidup oleh anggota keluarga lainnya. Dia menjalankan kekuasaannya melalui perdana menteri dan dewan menteri. Sampai dengan tahun 2003, jabatan perdana menteri secara tradisional dipegang oleh putra mahkota, penerus sang emir.

Pada tahun 1962, Kuwait mengadopsi konstitusi pertama. Konstitusi ini membentuk sebuah badan legislatif terpilih, Majelis Nasional. Anggotanya memiliki masa jabatan 4 tahun. Hanya warga negara laki-laki berusia di atas usia 21 yang mampu membaca dan menulis dan yang orang tuanya telah tinggal di Kuwait sejak 1920 yang diperbolehkan untuk memilih dan ambil bagian dalam kehidupan politik. Ini hanya mencakup sebagian kecil dari populasi Kuwait.

0 thoughts on “Profil Lengkap Negara Kuwait

Komentar Anda