Fakta Karachi, Kota Terbesar Pakistan

Karachi adalah kota terbesar di Pakistan dan pelabuhan utama negara itu. Kota ini terletak di Pakistan selatan di pantai Laut Arab, di tepi barat delta Sungai Indus besar. Sebagai ibu kota Provinsi Sind, Karachi meliputi area seluas 3.527 kilometer persegi. Karachi adalah kota yang ramai dan sibuk dengan penduduk lebih dari 23,5 juta orang. Hanya dalam waktu 15 tahun, populasi Karachi meningkat dua kali lipat.

Foto kota Karachi

Tidak ada kota lain yang mencerminkan keragaman ekonomi, etnis, dan regional Pakistan seperti Karachi. Sebagian besar penduduknya adalah pengungsi Muslim dari India yang menetap di sana setelah India dan Pakistan berpisah menjadi negara sendiri-sendiri pada tahun 1947. Kelompok terbesar berikutnya terdiri atas penduduk asli Provinsi Sind. Karachi juga rumah bagi lebih dari satu juta etnis Pashtun, yang berasal dari provinsi tetangga Baluchistan dan North West Frontier atau sebagai pengungsi dari Afghanistan yang dilanda perang.

Arsitektur Karachi adalah campuran gaya lama dan baru. Struktur bertingkat modern menjulang ke langit bersama bangunan kuno yang berasal dari masa pemerintahan Inggris. Perumahan berkisar dari tempat tinggal mewah orang kaya hingga pemukiman kumuh orang miskin. Salah satu landmark Karachi yang paling penting adalah makam Muhammad Ali Jinnah, pendiri Pakistan. Lainnya adalah Museum Nasional dan Universitas Karachi.

Karachi adalah pusat perbankan, transportasi, dan komunikasi nasional. Tapi kemakmurannya sebagian besar didasarkan pada manufaktur dan perdagangan, yang mempekerjakan hampir setengah angkatan kerja. Karachi adalah rumah bagi perusahaan-perusahaan industri dan komersial utama. Pembuatan tekstil dan alas kaki adalah industri penting, diikuti oleh industri besi dan baja, makanan dan minuman, kertas dan percetakan, mesin, bahan kimia, minyak bumi, dan barang-barang elektronik. Selain itu, sebagian besar ekspor dan impor Pakistan melewati pelabuhan kota ini.

Karachi adalah kota yang cukup muda menurut standar Asia. Kota ini didirikan pada tahun 1729 di sebuah situs desa nelayan kecil. Tempat ini kemudian muncul sebagai pusat komersial dan markas militer setelah Inggris menguasai kota ini pada tahun 1839. Posisi Karachi semakin penting sejak tahun 1947, ketika negara Pakistan didirikan dan Karachi menjadi ibu kota pertama. Populasi segera membengkak dengan kedatangan pengungsi Muslim dari India.

Pada tahun 1959, ibukota Pakistan dipindahkan ke Rawalpindi, lalu pada tahun 1967 dipindahkan lagi ke kota yang baru dibangun, Islamabad, ibukota Pakistan saat ini. Namun Karachi tetap menjadi magnet tersendiri yang terus menarik banyak orang dari seluruh Pakistan dan dunia.

Komentar Anda