Profil dan Sejarah Kota Taipei

Taipei adalah ibukota Taiwan, pulau utama Republik China. Kota ramai berpenduduk 2,7 juta orang ini terletak di Sungai Tanshui, dekat ujung utara pulau itu. Taipei dikelilingi oleh kota terbesar di Taiwan, New Taipei City. Kota ini memiliki populasi hampir 4 juta jiwa.

Foto Kota Taipei

Kota Taipei meliputi area seluas 272 kilometer persegi. Kota ini terus-menerus dimodernisasi, dengan gedung pencakar langit yang menggantikan banyak bangunan tua. Pada tahun 2004, Taipei 101, sebuah menara setinggi 508 meter, sempat menjadi bangunan tertinggi di dunia kala itu. Namun, pada tahun 2010, tinggi Taipei 101 jauh terlampaui oleh Menara Khalifa di Dubai, Uni Emirat Arab.

Taipei adalah tempat berdirinya Universitas Nasional Taiwan dan banyak lembaga pendidikan dan budaya lainnya. National Taiwan Museum adalah museum tertua di Taiwan. National Palace Museum memiliki koleksi kesenian China paling terkenal di dunia. Yangmingshan National Park adalah salah satu tempat rekreasi paling populer di kota ini. Tempat ini memiliki pepohonan cherry dan azalea yang indah. Taman ini diapit oleh dua gunung berapi yang curam.

National Chiang Kai-shek Cultural Center menyediakan ruang untuk berbagai kegiatan dan event masyarakat. Buddhist Lungshan Temple terkenal karena kolom batu, ukiran kayu, dan patung-patungnya. Tempat-tempat lain yang menarik antara lain Taipei Fine Arts Museum; National Museum of History; National Theater and Concert Hall; kebun binatang; dan kebun raya. Taipei Performing Arts Center dijadwalkan akan pada tahun 2015.

Taipei adalah jantung ekonomi dan keuangan, serta pusat politik dan budaya Republik China. Kota ini adalah rumah bagi salah satu bursa saham tersibuk di Asia. Industri plastik, pengiriman, maskapai penerbangan, dan industri lainnya yang berkembang di pulau ini memiliki markas di sana dan di pinggir kota. Di dekat Taipei ada Hsinchu Science and Industrial Park, sering disebut ‘Silicon Valley’-nya Taiwan dan Keelung (Chilung). Keelung adalah pelabuhan dan pusat perdagangan luar negeri Taipei.

Apa yang sekarang dikenal sebagai Taipei pernah dihuni oleh Kaidagelan, suku pribumi dataran. Bangsa lain yang pernah menduduki wilayah tersebut adalah Spanyol, Belanda, China, dan Jepang. Taipei menjadi pusat perdagangan penting. Taipei secara resmi dijadikan ibukota Taiwan pada tahun 1891.

Ketika Komunis China mengambil alih daratan utama pada tahun 1949 dan mendirikan Republik Rakyat China, kaum nasionalis di bawah Presiden Chiang Kai-shek mundur ke Taiwan. Mereka mendirikan Taipei sebagai pusat pemerintahan Republik China. Pada tahun-tahun sejak itu, populasi dan ekonomi kota berkembang pesat.

Komentar Anda