Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 16 Agustus

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 16 Agustus:

Kilas Balik Agustus

1977: Legenda Rock and roll, Elvis Presley, meninggal dunia di Graceland di Memphis, Tennessee, pada usia 42 tahun.

1968: Peluncuran pertama rudal Poseidon dilakukan.

1948: Babe Ruth, salah satu pemain bisbol profesional terbesar dan paling terkenal dalam sejarah bisbol, meninggal dunia.

1921: Peter I, raja Serbia, Kroasia, dan Slovenia, meninggal dunia dan digantikan oleh putranya, Alexander, yang mengangkat dirinya sendiri sebagai raja Yugoslavia.

1914: Kota benteng Belgia, Liège, yang dibombardir Jerman sejak 4 Agustus, menyerah, dan membuat pasukan Jerman dengan cepat menyerbu Belgia pada hari-hari awal Perang Dunia I.

1906: Gempa berkekuatan 8,2 MW menghancurkan sebagian besar wilayah Valparaíso, pelabuhan Chile yang paling penting dan menewaskan banyak orang.

1858: Ratu Victoria meresmikan kabel telegram Atlantik yang baru selesai dibangun dengan mengirimkan pesan resmi pertama pada Presiden As James Buchanan; namun saat itu kabel ini terlalu lemah sehingga untuk mentransmisikan 98 kata membutuhkan waktu 17 jam, dan kabel itu rusak beberapa minggu kemudian.

Komentar Anda