Sekilas Tentang Negara Jerman

Jerman adalah negara yang terletak di Eropa Tengah. Negara ini terjepit di antara delapan negara dan berbatasan dengan Laut Utara dan Laut Baltik di utara. Di sebelah timur Jerman ada Polandia dan Republik Ceko. Di barat Jerman berbatasan Perancis, Luksemburg, Belgia, dan Belanda. Dan di selatan Jerman adalah Austria dan Swiss.

Jembatan di Frankfurt, Jerman

Jerman memiliki populasi terbesar dari semua negara Eropa. Negeri ini memiliki ekonomi terbesar di Eropa, menghasilkan lebih dari 3,6 triliun dolar nilai barang dan jasa setiap tahun. Jerman juga salah satu kekuatan ekonomi industri terkemuka dan eksportir papan atas di dunia. Jerman adalah anggota Uni Eropa (UE), kelompok ekonomi kuat yang terdiri atas lebih dari dua lusin negara. Selain itu, Jerman adalah anggota Kelompok Delapan (G8), sebuah forum politik dari beberapa negara terkuat di dunia.

Kekuatan Jerman saat ini mencerminkan peningkatan. Banyak kota dan aset ekonomi lainnya hancur selama Perang Dunia II (1939-1945). Pada tahun 1949, negara ini terbagi menjadi dua bagian. Satu menjadi Jerman Timur (Republik Demokratik Jerman), yang bersekutu dengan Uni Soviet. Wilayah ini mengadopsi bentuk pemerintahan komunis dan perencanaan ekonomi terpusat yang dikendalikan oleh negara. Bagian lain menjadi Jerman Barat (Republik Federal Jerman). Wilayah ini menerapkan pemerintahan yang demokratis dan ekonomi kapitalis. Pembagian artifisial ini menciptakan kesulitan ekonomi yang besar.

Selama beberapa dekade “dua Jerman” ini berkembang secara terpisah. Kemudian, pada tahun 1990, Jerman Timur bersatu kembali dengan Jerman Barat sebagai Republik Federal Jerman dan mengadopsi bentuk pemerintahan demokratis. Pada saat itu, Jerman Barat telah membangun kembali sektor ekonominya. Penduduknya hidup lebih baik daripada mereka yang ada di Jerman Timur.

Ketika pemerintah baru mulai bertugas pada tahun 1991, proses panjang untuk meningkatkan standar hidup di wilayah bekas Jerman Timur dimulai. Tapi kesenjangan pendapatan, kesehatan, dan pendidikan masih ada. Hal ini membuat beberapa orang Jerman menganggap bahwa negara mereka tetap dibagi. Masalah ini diharapkan dapat selesai tepat waktu saat perekonomian berjalan beriringan.

Tantangan Jerman meliputi populasi yang menua, semakin banyaknya imigran dan calon pendatang, dan pesaing global yang baru, seperti China dan India. Jerman dipersiapkan untuk menghadapi tantangan ini, bersama-sama dengan sebagian besar negara industri maju di dunia. Jerman memiliki kekuatan lain yang mendukung tujuan ini, seperti tradisi industri yang kuat, keahlian keuangan, serta pekerja terampil dan terdidik.

Komentar Anda