Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 14 Agustus

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 14 Agustus:

Kilas Balik Agustus

1969: Pasukan Inggris mulai berdatangan di Irlandia Utara untuk memadamkan kekerasan antara orang Protestan dan Katolik; mereka ada di sana sampai tahun 2007.

1947: Dalam sebuah upacara di Karachi, raja muda Inggris Lord Mountbatten secara resmi mengalihkan kekuasaan kepada pemerintah baru Pakistan; Pakistan dan India merdeka “di tengah malam,” tapi Pakistan memperingati peristiwa itu pada hari ini, sedangkan India merayakan pada tanggal 15 Agustus.

1945: Jepang menerima persyaratan Sekutu untuk menyerah tanpa syarat pada akhir Perang Dunia II; hari berikutnya, pasukan AS diperintahkan untuk melakukan gencatan api.

1941: Perdana Menteri Winston Churchill dan Presiden Franklin D. Roosevelt mengeluarkan pernyataan Anglo-Amerika dari prinsip-prinsip umum yang dikenal sebagai Piagam Atlantik; piagam ini menyerukan dunia baru dengan mengakhiri tirani dan kebesaran teritorial, perlucutan senjata agresor, dan kerjasama sepenuhnya dari semua bangsa untuk memajukan kesejahteraan sosial dan ekonomi.

1935: Presiden AS Franklin D. Roosevelt menandatangani Undang-Undang Jaminan Sosial, menciptakan sistem jaminan sosial di Amerika Serikat.

1900: Selama Boxer Uprising, pasukan internasional Inggris, Perancis, Jerman, Jepang, Rusia, dan pasukan AS memasuki Beijing pada Agustus 1900 untuk mengakhiri pengepungan kedutaan asing di sana.

Komentar Anda