Penduduk dan Etnis Jerman

Foto Mesut Ozil dan Pacarnya
Mesut Ozil, pesepakbola Jerman keturunan Turki.

Bangsa Jerman tiba di Eropa utara dan tengah sejak 2.000 tahun yang lalu. Asal muasal mereka tidak diketahui dengan jelas. Tapi mereka diketahui telah membentuk suku yang bermigrasi ke wilayah tersebut selama berabad-abad. Mereka mengembangkan bahasa dan budaya yang sama yang membedakan mereka dari suku Eropa lainnya.

Etnis Jerman (orang keturunan Jerman) membentuk lebih dari 90 persen penduduk Jerman. Negara ini juga memiliki lebih dari 7 juta penduduk yang bukan dari keturunan etnis Jerman. Mereka adalah orang-orang yang berasal dari Turki, yang setelah Perang Dunia II menjadi pekerja tamu di Jerman, serta keturunan mereka. Hari ini ada sekitar 2 juta populasi Turki di Jerman; lebih dari seperempatnya lahir di Jerman. Selain itu ada lebih dari 2 juta penduduk dari negara-negara Uni Eropa dan lebih dari 1 juta dari negara-negara Eropa lainnya. 1 juta berasal dari Asia.

Orang-orang non-etnis Jerman kini mencapai kurang dari 10 persen dari populasi. Tetapi mereka tumbuh lebih cepat dari etnis Jerman dan memiliki jumlah orang-orang muda yang lebih tinggi. Beberapa etnis Jerman khawatir bahwa kelompok minoritas ini akan mengubah masyarakat dan budaya Jerman. Ada yang mengatakan mereka membebani negara terlalu banyak dalam hal perawatan kesehatan dan tunjangan sosial lainnya. Tapi para pendukungnya melihat mereka sebagai bagian dari solusi mengatasi kebutuhan Jerman akan tenaga kerja muda yang memiliki keterampilan teknis memadai.

Komentar Anda