Mengulas Profil Negara Rumania

Rumania adalah negara yang terletak di Semenanjung Balkan Eropa tenggara. Apa yang sekarang menjadi wilayah Rumania pertama kali didiami di zaman kuno oleh suku yang disebut Dasia. Wilayah ini kemudian menjadi bagian dari Kekaisaran Romawi. Sepanjang sejarahnya, ukuran Rumania berubah berkali-kali akibat invasi, pendudukan asing, dan perang. Batas-batasnya saat ini berasal dari perjanjian perdamaian yang ditandatangani setelah Perang Dunia I (1914-1918). Pemerintahan komunis berkuasa di Rumania pada tahun 1947 dan memerintah sampai tahun 1989 ketika digulingkan. Pemerintahan yang terpilih secara demokratis mulai berkuasa pada tahun 1990.

Gambar Negara Rumania

Penduduk

Nenek moyang orang Rumania adalah para pemukim Dasia asli dan orang Romawi yang pernah menjajah wilayah tersebut. Sebagian besar penduduk Rumania adalah etnis Rumania. Etnis Hungaria, yang membentuk hampir 8 persen dari populasi, dan etnis Jerman, dengan sekitar 1,5 persen dari populasi, adalah kelompok minoritas terbesar. Mereka tinggal terutama di daerah Transylvania dan Banat.

Bahasa dan Agama

Bahasa Rumania adalah salah satu jenis bahasa Romawi. Seperti bahasa Prancis, Italia, Spanyol, dan Portugis, bahasa Rumania berasal dari bahasa Latin, bahasa Romawi. Bahasa Rumania juga mengandung kata-kata dari bahasa Slavia yang dituturkan oleh beberapa tetangga Rumania.

Kebanyakan orang Rumania adalah anggota Gereja Ortodoks Rumania. Gereja Katolik Timur (atau Uniate), kelompok agama terbesar kedua, dihapuskan pada tahun 1948 dan propertinya dipindahkan ke Gereja Ortodoks. Ada juga sejumlah kecil pemeluk Katolik Roma, Protestan, dan Yahudi.

Geografi

Rumania dibagi menjadi enam wilayah: Banat, Transylvania, Moldavia, Bukovina, Walachia, dan Dobruja. Wilayah Banat terletak di sudut barat daya negara. Relatif kecil dari segi ukuran, wilayah ini sebagian besar terdiri atas dataran subur yang flat (mendatar).

Transylvania berada di dataran tinggi yang dikelilingi oleh pegunungan di pusat Rumania. Mineral dan sumber daya hutan membuatnya menjadi salah satu bagian terkaya di negeri ini. Moldavia, di timur laut, memiliki pegunungan tinggi dan dataran subur. Bukovina, di tepi utara Moldavia, memiliki hutan dan pegunungan di bagian utara, dan lereng yang menurun ke dataran rendah di selatan.

Dataran wilayah Walachia, berbatasan dengan Sungai Danube, meliputi sebagian besar wilayah Rumania selatan. Dobruja, di pantai Laut Hitam, utamanya terdiri atas dataran berawa dan dataran rendah berbukit. Dataran Sungai Danube River, atau delta, berada di wilayah ini. Delta terbentuk di tempat di mana Sungai Danube berbelok ke utara.

Sungai dan Gunung

Sungai Danube adalah jalur air Rumania paling penting. Lembah Danube juga mengandung beberapa tanah yang paling subur di Eropa. Kecuali untuk cabang sungai utara, Prut, Danube adalah satu-satunya sungai Rumania yang dapat dilewati oleh kapal. Anak sungai lainnya antara lain sungai Mures, Jiu, Olt, Somes, dan Siret. Kanal sepanjang 640 kilometer menghubungkan Sungai Danube dengan Laut Hitam.

Ada beberapa pelabuhan alami di sepanjang pantai Laut Hitam, meskipun sebagian besar garis pantai terdiri atas tebing tak beraturan dan rawa asin. Pegunungan Carpathian dan Alpen Transylvania (perpanjangan barat daya dari rantai pegunungan Carpathian) membentang di tengah Rumania dalam bentuk segitiga bergerigi. Gunung Moldoveanu, di Pegunungan Fǎgǎraş dari Alpen Transylvania, adalah gunung tertinggi di negara itu.

Iklim dan Sumber Daya Alam

Rumania adalah wilayah dengan iklim yang ekstrem, berkisar dari musim panas yang sangat panas hingga musim dingin yang sangat dingin dan berangin. Rata-rata suhu Januari di Bucharest, ibukota Rumania, sekitar -13 °C. Pada bulan Juli suhu naik menjadi rata-rata 23 °C. Curah hujan sedang, dan sebagian besar hujan jatuh pada bulan Mei. Selama bulan Juli dan Agustus sering ada periode kekeringan yang parah.

Sumber daya alam Rumania meliputi tanah yang subur, yang membuat lebih dari 60 persen lahannya cocok untuk pertanian. 25 persen dari tanahnya, terutama di Pegunungan Carpathian dan Transylvania, ditutupi oleh hutan. Rumania secara tradisional menjadi salah satu produsen minyak terkemuka di Eropa, terutama dari daerah Ploeşti. Meskipun kebanyakan sumber ini telah habis, cadangan minyak dan gas bumi baru di lepas pantai telah ditemukan di Laut Hitam.

Garam, batubara, dan bijih besi ditambang secara komersial. Cadangan emas, perak, tembaga, dan mineral lainnya yang ditemukan tersebar di seluruh daerah pegunungan.

Ekonomi

Setelah Perang Dunia II, Rumania fokus pada pengembangan industri berat. Tapi pertanian terus memainkan peran penting dalam perekonomian negara. Sekitar 40 persen orang Rumania tinggal di daerah pedesaan. Industri jasa adalah segmen ekonomi terbesar dan paling cepat berkembang yang menyumbang sekitar setengah dari pendapatan dan penyerapan tenaga kerja nasional.

Pertanian

Pertanian mempekerjakan hampir 30 persen dari angkatan kerja Rumania. Tanaman utama adalah jagung, gandum, biji-bijian, kentang, dan buah-buahan, termasuk anggur untuk industri anggur yang penting di negeri ini. Peternakan, khususnya domba dan sapi, juga digalakkan.

Ketika pemerintah Komunis berkuasa, tanah-tanah disita dari pemilik tanah besar dan sebagian kecil dibagikan pada para pekerja tani miskin. Namun, bagian utama (sekitar 90 persen) diambil alih oleh negara dan digunakan untuk mendirikan pertanian negara yang dimiliki oleh pemerintah; dan pertanian kolektif (atau koperasi pertanian), di mana para petani menyatukan tanah dan peralatan mereka. Hukum yang mengembalikan kepemilikan pribadi atas tanah diberlakukan pada tahun 1991.

Industri

Industri, termasuk pertambangan, memberi hampir 40 persen pada pendapatan negara. Industri utama meliputi penyulingan minyak dan pembuatan petrokimia dan pupuk kimia, baja, alat berat, lokomotif, traktor, dan peralatan listrik. Pengolahan makanan dan pembuatan tekstil, pakaian, dan sepatu juga sangat penting. Hutan negara menyediakan kayu dan produk kayu.

Kota-kota

Bucharest adalah ibukota dan kota terbesar di Rumania. Dengan populasi sekitar 2 juta jiwa, kota ini menjadi pusat komersial, industri, dan budaya negara. Sebelum Perang Dunia II, Bucharest dikenal sebagai Paris of the Balkans, sebuah kota yang berkilauan dengan istana, hotel, kafe, dan bioskop. Bucharest tetap menjadi kota yang indah hari ini.

Cluj adalah kota terbesar kedua. Cluj adalah ibu kota Transylvania, yang merupakan bagian dari Hungaria sampai daerah ini diakuisisi oleh Rumania setelah Perang Dunia I. Sekitar 40 persen dari penduduknya adalah keturunan Hungaria. Cluj adalah pusat industri dan budaya yang besar. Karena lokasinya di kaki bukit Pegunungan Apuseni, kota ini menjadi sebuah resor olahraga musim dingin yang populer. Buah dan anggur dari pedesaan di sekitar kota dianggap sebagai yang terbaik di Rumania.

Constanţa, di Laut Hitam, adalah pelabuhan terkemuka di Rumania. Kota ini juga merupakan pusat komersial di wilayah Dobruja dan resor pantai terkemuka di negara itu. Eforie dan Mamaia, kota-kota kecil dekat Constanţa, juga merupakan resor populer. Jassy, kota terkemuka di Moldavia, terkenal dengan universitasnya. Universitas tertua di Rumania ini juga dikenal karena akademi seni, musik, dan dramanya.

Pemerintah

Di bawah pemerintahan komunis yang memerintah Rumania sampai tahun 1989, Partai Komunis adalah “kekuatan politik terkemuka dari seluruh masyarakat,” dan menjadi satu-satunya partai politik yang legal. Partai ini dipimpin oleh seorang sekretaris jenderal, pemimpin politik yang nyata di negara itu. Posisi ini dipegang oleh Nicolae Ceauşescu selama 25 tahun, sampai kematiannya pada revolusi 1989.

Pemerintah Rumania baru berkuasa setelah pemilihan umum pada tahun 1990. Pemerintahan ini dipimpin oleh seorang presiden, yang merupakan kepala negara dan pejabat eksekutif negara itu. Seorang perdana menteri mengepalai Dewan Menteri, atau kabinet. Parlemen adalah lembaga legislatif negara.

Komentar Anda