Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 13 Agustus

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 13 Agustus:

Kilas Balik Agustus

2001: Pemerintah Makedonia mengumumkan kesepakatan yang memberikan konsesi yang lebih besar untuk minoritas Albania di negara itu dengan imbalan penyerahan senjata oleh Tentara Pembebasan Nasional Albania; Pasukan penjaga perdamaian NATO ditugaskan untuk mengumpulkan senjata.

1961: Pemerintah Jerman Timur, yang dipimpin oleh Walter Ulbricht, menutup perbatasan antara Berlin Timur dan Barat untuk menghentikan kaburnya ratusan ribu pekerja terbaiknya; pembangunan Tembok Berlin dimulai segera setelah itu.

1898: Pada hari-hari terakhir Perang Spanyol-Amerika, armada AS di bawah George Dewey menduduki Manila.

1704: Pertempuran Blenheim terjadi di Bavaria, menjadi kemenangan besar bagi pasukan Inggris dan Austria (di bawah Duke of Marlborough dan Eugene dari Savoy) atas Prancis dan Bavarian dalam Perang Suksesi Spanyol; Marlborough menerima Blenheim Palace sebagai upahnya.

1521: Penakluk Spanyol, Hernán Cortés, yang pasukannya telah diusir dari ibukota Aztec Tenochtitlán tahun sebelumnya, merebut kembali kota itu setelah melakukan pengepungan selama tiga bulan; ia kemudian meratakan kota itu dan membangun apa yang sekarang menjadi Mexico City.

3114 SM: Tanggal ini setara dengan “hari nol,” permulaan kalender “perhitungan panjang” yang digunakan oleh orang-orang kuno Maya Meksiko dan Amerika Tengah.

Komentar Anda