10 Fakta Menakjubkan Tentang Afrika Selatan

Seberapa jauh pengetahuan Anda tentang Afrika Selatan? Anda mungkin tahu bahwa satu-satunya jalan di dunia yang menjadi rumah bagi dua pemenang Nobel Perdamaian ada di Soweto, Afrika Selatan, dan negara ini memiliki tiga ibu kota. Namun, ada beberapa fakta lain tentang Afrika Selatan yang Anda mungkin tidak tahu.

Gambar Afrika Selatan

1. Afrika Selatan adalah negara pertama, dan sampai saat ini menjadi satu-satunya negara yang membangun senjata nuklir dan kemudian secara sukarela membongkar program senjata nuklir secara keseluruhan.

Hari ini, hampir tiga dekade setelah Perang Dingin berakhir, masih ada 23.000 hulu ledak nuklir di dunia yang dikuasai oleh sembilan negara: AS, Rusia, Inggris, Prancis, China, Israel, India, Pakistan dan Korea Utara. Sejak akhir Perang Dingin, Afrika Selatan secara sepihak telah membongkar senjata nuklirnya dan merupakan satu-satunya negara yang pernah melakukannya.

2. Afrika Selatan memiliki anggaran paling transparan kedua di dunia.

Afrika Selatan menempati urutan kedua dari 100 negara dalam hal transparansi dan akuntabilitas proses anggaran, menurut survey Open Budget Index terbaru oleh International Budget Partnership yang berbasis di Washington. Afrika Selatan memperoleh 90 dari 100 poin dalam laporan Open Budget Index 2012, menjadi salah satu dari enam negara di seluruh dunia yang merilis informasi anggaran secara luas pada badan legislatif dan masyarakat pada umumnya.

3. Afrika Selatan berada di peringkat kedua dari 183 negara yang memiliki perlindungan terbaik bagi peminjam maupun pemberi pinjaman usaha.

Dengan berbagai undang-undang dan hukum untuk melindungi peminjam dan pemberi pinjaman usaha, Afrika Selatan telah menunjukkan konsistensi dalam hal ini melebihi 181 negara lainnya yang ambil bagian dalam survei.

4. University of South Africa (Unisa) adalah pelopor pendidikan jarak jauh tersier dan merupakan universitas korespondensi terbesar di dunia.

Didirikan pada tahun 1873 sebagai University of the Cape of Good Hope, Unisa menjadi universitas negeri pertama di dunia yang mengajar secara eksklusif melalui pendidikan jarak jauh di tahun 1946. Saat ini, universitas ini memiliki sekitar 300.000 siswa.

5. Sejak tahun 1940-an, pegolf Afrika Selatan telah memenangkan kejuaraan golf besar lebih banyak ketimbang negara lain, selain dari Amerika Serikat (Asosiasi Golf Afrika Selatan).

Dengan pegolf seperti Gary Player, Ernie Els, Retief Goosen dan Charl Schwartzel, tak mengherankan mengapa Afrika Selatan bisa begitu sukses dalam dunia golf. Gary Player sendiri telah memenangkan 9 gelar kejuaraan golf besar dan 24 gelar PGA Tour.

6. Afrika Selatan memiliki 45 juta ponsel aktif (populasi 49 juta), menduduki peringkat 5 besar secara global dalam hal cakupan ponsel.

Negara yang menemukan panggilan touchtone ini menawarkan telekomunikasi kelas dunia. Saat ini, banyak orang Afrika Selatan menggunakan ponsel daripada radio, televisi, dan komputer pribadi.

7. Table Mountain memiliki lebih dari 1.500 spesies tanaman, melebihi seluruh Inggris Raya.

Luas Cape Floral Region kurang dari 0,5% dari luas wilayah Afrika, tetapi menjadi rumah bagi hampir 20% flora benua Afrika. Sementara wilayah kecil Table Mountain memiliki spesies tanaman lebih banyak dari empat negara lain.

8. Afrika Selatan memiliki tingkat keanekaragaman hayati tertinggi ketiga di dunia.

Dengan dua samudra, topografi, dan sebaran angin yang luas, Afrika Selatan menciptakan sebuah lingkungan yang memiliki segalanya, dari hutan lebat hingga savannah dan padang pasir. Hanya Brasil dan Argentina yang bisa mengalahkan Afrika Selatan.

9. Afrika Selatan memiliki industri film tertua kedua di dunia.

Hanya Amerika Serikat yang tercatat menciptakan industri film sebelum Afrika Selatan. Pada tahun 1898, The Empire Palace of Varieties di Commissioner Street, Johannesburg, pertama kali memutar film-film pemandangan Johannesburg yang diambil dari depan trem dan film tentang Presiden Republik Transvaal, Paul Kruger, yang meninggalkan rumahnya untuk Raadzaal. Nilai tukar yang menguntungkan, kondisi cuaca yang baik, lokasi yang bervariasi, dan fasilitas produksi kelas dunia telah membuat Afrika Selatan menjadi tujuan pilihan bagi produser film, televisi, dan iklan internasional.

10. Afrika Selatan memiliki bahasa resmi paling banyak di dunia.

Afrika Selatan memiliki 11 bahasa resmi: Inggris, Afrika, isiZulu, isiXhosa, Sesotho, Setswana, Sepedi, Xitsonga, Siswati, isiNdebele dan Tshivenda. Meskipun India memiliki 18 bahasa yang diakui oleh konstitusi dan dapat dianggap sebagai resmi, setiap bahasa diakui sebagai bahasa resmi daerah tertentu, misalnya bahasa Kashmiri di Kashmir.

Komentar Anda