Ulasan Tentang Geografi dan Iklim Pakistan

Pakistan adalah sebuah negara di Asia Selatan yang berbatasan dengan Laut Arab di selatan, Iran di barat, Afghanistan di barat laut, China di utara, dan India di timur dan tenggara. Pakistan membentang sepanjang 1.600 km dari Laut Arab di selatan hingga Pegunungan Himalaya besar di utara. Bagian dari batas utara meliputi wilayah Jammu dan Kashmir yang disengketakan, di mana India dan Pakistan saling klaim.

Gambar Negara Pakistan

Empat provinsi Pakistan adalah Punjab, Sind, Perbatasan Barat Laut, dan Baluchistan. Perbatasan Barat Laut terdiri atas beberapa Wilayah Kesukuan, di mana sebagian besar suku Pathan (atau Pashtun) memerintah diri mereka sendiri.

Secara geografis, Pakistan dapat dibagi menjadi tiga wilayah utama. Pertama adalah wilayah dataran tinggi utara, tempat beberapa gunung tertinggi di dunia berada. Gunung Kanchenjunga, gunung tertinggi ketiga di dunia setelah Everest dan K2, terletak di wilayah terpencil Himalaya di Baltistan. Daerah pegunungan berhutan lebat di utara ini memiliki banyak satwa liar, mulai dari domba Marco Polo yang unik hingga macan tutul salju yang terancam punah.

Di sebelah barat Sungai Indus adalah daerah utama kedua, terdiri atas Dataran Tinggi Baluchistan. Lereng gunung tinggi menjulang dari dataran tinggi dan mencapai ketinggian maksimal 3.441 meter di Takht-i-Sulaiman. Dataran Tinggi Baluchistan sebagian besar kering dan tandus, meskipun beberapa lembah memiliki air dan tanahnya dibudidayakan. Wilayah ini adalah rumah bagi hutan juniper terbesar di dunia.

Wilayah utama ketiga Pakistan adalah dataran Sungai Indus di sisi timur sungai. Dataran subur ini berada di dekat Sungai Indus dan anak-anak sungainya dan menjadi kering ketika mendekati Gurun Thar di tenggara. Gurun kedua, Thai, terletak di barat Sungai Indus, berbatasan dengan dataran subur Punjab. Hewan liar seperti beruang, kucing liar, dan hyena tinggal di daerah dataran ini.

Sungai yang paling penting di Pakistan adalah Indus, yang bermula dari Tibet dan, setelah mengalir melalui pegunungan dan jurang, memasuki dataran Pakistan. Indus, bersama-sama dengan anak-anak sungainya, adalah andalan pertanian Pakistan, yang bergantung pada jaringan saluran irigasi luas. Karena curah hujan terbatas, gunung salju merupakan sumber air penting untuk sungai-sungai yang mengisi kanal.

Namun, pada tahun 2010, hujan lebat menyebabkan banjir terburuk di Pakistan dalam lebih dari 50 tahun terakhir. Indus meluber beberapa kilometer dari tepinya, bergerak ke selatan dari Lembah Swat ke Punjab, Baluchistan, dan Sindh. Banjir menghancurkan jutaan rumah, bersama dengan jalan, pembangkit listrik, jembatan, sekolah, rumah sakit, dan bagunan lainnya. Banjir itu telah menghancurkan wilayah yang lebih dari Inggris, menewaskan sekitar 1.800 orang. Secara keseluruhan, lebih dari 20 juta orang terkena dampak banjir itu.

Iklim Pakistan didominasi oleh monsun Asia. Musim terpanas membentang dari pertengahan April hingga pertengahan Juli. Angin kering yang sering membawa pasir berhembus ke Lembah Indus di selatan, di mana suhu mencapai titik tertingginya. Hujan terus turun dari pertengahan Juli sampai pertengahan September. Hujan musim panas dan salju musim dingin mendinginkan pegunungan dan kaki bukit utara dan barat, di mana musim dingin yang beku umum terjadi. Suhu di dataran timur juga sangat bervariasi dari musim ke musim, mulai dari 46 °C pada bulan Juni sampai 4 °C pada bulan Januari.

Komentar Anda