Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 10 Agustus

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 10 Agustus:

Kilas Balik Agustus

1990: Pesawat luar angkasa Magellan memasuki orbit elips di sekitar Venus; pesawat ini terus mengorbit planet lebih dari 15.000 kali, menyurvei 98% dari permukaannya.

1966: Amerika Serikat meluncurkan misi Lunar Orbiter pertama (dari lima misi) untuk memetakan permukaan bulan.

1945: Sehari setelah bom atom kedua dijatuhkan di Jepang, negara ini menuntut perdamaian dengan syarat bahwa posisi kaisar sebagai penguasa berdaulat dipertahankan; hari berikutnya Sekutu menjawab bahwa masa depan kaisar harus ditentukan oleh Sekutu, dan pada tanggal 14 Agustus, Perang Dunia II berakhir dengan menyerahnya Jepang tanpa syarat.

1944: Selama Perang Dunia II, pembebasan AS atas Guam dari Jepang selesai.

1920: Perjanjian Sèvres ditandatangani, secara efektif memecah Kekaisaran Ottoman dan hanya menyisakan Anatolia (minus Izmir) di bawah kendali Turki; penyelesaian pasca-Perang Dunia I ini dinegosiasikan dalam Konferensi Perdamaian Paris dan ditolak oleh pemimpin nasionalis Turki Kemal Atatürk, dan digantikan oleh Perjanjian Lausanne pada tahun 1923.

1792: Selama Revolusi Perancis, massa Paris menyerbu Tuileries Palace dan Raja Louis XVI dipenjarakan atas perintah Komune baru yang revolusioner dari Paris.

1680: Dipimpin oleh Popé, seorang ahli pengobatan Tewa, suku Pueblo Indian di New Mexico memberontak terhadap orang-orang Spanyol, menewaskan sekitar 400 misionaris dan penjajah dan mengusir orang Spanyol lainnya ke selatan hingga El Paso, Texas.

Komentar Anda