Seluk Beluk Bendera Nasional Honduras

Honduras adalah sebuah negara di Amerika Tengah yang merdeka dari Spanyol pada tahun 1821. Republik demokratik ini kadang-kadang disebut sebagai Spanish Honduras. Bendera pertama yang berkibar di atas tanah Honduras adalah bendera Republik Federal Amerika Tengah, yang mana Honduras adalah salah satu anggotanya. Bendera Honduras saat ini memiliki sejarah yang kaya dalam budaya dan makna.

Gambar bendera Honduras

Bendera Honduras saat ini mulai digunakan pada tanggal 9 Januari 1866. Desain bendera Honduras terdiri atas bar putih di tengah, yang diapit oleh dua bar biru lebar yang sama panjang dan lebarnya. Ada lima bintang biru di tengah bagian putih bendera.

Bar biru dalam bendera Honduras menandakan perairan yang berbatasan dengan negara ini, yakni Laut Karibia dan Samudra Pasifik. Lima bintang mewakili negara-negara yang terikat bersama sebagai Republik Federal Amerika Tengah pada tahun 1820-an, yang terdiri atas Guatemala, Honduras, Nikaragua, Kosta Rika dan El Salvador.

Bendera Honduras tidak boleh dikibarkan di tempat yang sama dengan bendera nasional negara lain. Menjaga tempat agar tetap terpisah dilakukan untuk mempertahankan rasa hormat, karena tidak ada negara yang dianggap rendah lantaran benderanya berada lebih rendah daripada negara lain. Bendera Honduras harus selalu diangkat di atas tanah supaya tidak terseret (sebagai tanda hormat) dan harus diturunkan ketika mulai terlihat compang-camping.

Komentar Anda