Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 8 Agustus

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 8 Agustus:

Kilas Balik Agustus

2008: Rusia menginvasi tetangganya, Republik Georgia; tindakan ini merupakan respon terhadap upaya Georgia untuk merebut kembali wilayah kecil Ossetia Selatan, yang telah dipertahankan Rusia sejak awal 1990-an.

2001: Pesawat antariksa AS, Genesis, yang ditugaskan untuk menangkap partikel angin surya dan membawanya ke bumi untuk dipelajari, diluncurkan dari Cape Canaveral.

2000: Hunley, kapal selam pasukan Konfederasi, yang berada di dasar laut lepas South Carolina sejak tenggelam pada tahun 1864, diangkat ke permukaan.

1978: Amerika Serikat meluncurkan Pioneer Venus 2, pesawat ruang angkasa yang melepaskan empat wahana penjajak ke dalam atmosfer Venus.

1945: Uni Soviet menyatakan perang terhadap Jepang pada hari-hari terakhir Perang Dunia II.

1942: Kongres Nasional India mengadopsi resolusi Quit India, yang menyerukan agar kekuasaan Inggris di India segera diakhiri dan menyatakan bahwa jika Inggris tidak segera menarik diri, maka segala cara tanpa kekerasan akan dilakukan untuk memaksa penarikan ini; di hari berikutnya, Inggris menyatakan Kongres ini sebagai organisasi ilegal.

1940: Pertempuran Britania Raya, peperangan udara di atas wilayah Inggris antara Luftwaffe Jerman dan Royal Air Force selama Perang Dunia II, mulai meletus.

1918: Serbuan pasukan Sekutu ke dekat Amiens memaksa Jerman mundur dengan panik; Jenderal Erich Ludendorff menyatakan bahwa tanggal 8 Agustus sebagai “Hari Berkabung Angkatan Darat Jerman” dan segera menyatakan bahwa Perang Dunia I harus berakhir.

Komentar Anda