Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 7 Agustus

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 7 Agustus:

Kilas Balik Agustus

1998: Kedutaan besar AS di Nairobi, Kenya, dan Dar es Salaam, Tanzania, dibom hampir bersamaan oleh teroris yang terkait dengan Osama bin Laden dan Al Qaeda; 224 orang tewas.

1990: Sebagai tanggapan terhadap invasi Irak atas Kuwait, Presiden George Bush memerintahkan pengerahan pasukan dan pesawat tempur AS untuk mempertahankan Arab Saudi.

1987: Para presiden dari negara-negara yang bergolak, yakni El Salvador, Guatemala, Honduras, dan Nikaragua menandatangani rencana perdamaian untuk Amerika Tengah yang dimediasi (dan juga ditandatangani) oleh Oscar Arias Sanchez, Presiden Kosta Rika; Arias mendapat Nobel Perdamaian 1987 atas usahanya itu.

1971: Misi Apollo 15, yang membawa kendaraan permukaan berawak pertama, Lunar Rover, ke bulan dan memasang subsatelit dalam orbit bulan untuk pertama kalinya, telah selesai.

1960: Negara Afrika Barat, Pantai Gading (Côte d’Ivoire), memperoleh kemerdekaan dari Perancis.

1942: Dalam Perang Dunia II, operasi militer Guadalcanal untuk melawan Jepang dimulai; rangkaian pertempuran laut dan darat di ujung selatan dari rantai Kepulauan Solomon di barat daya Samudera Pasifik ini menjadi kemenangan AS yang penting.

1941: Penulis besar India, Rabindranath Tagore, meninggal dunia.

1888: Pembunuh yang dikenal sebagai Jack the Ripper (dan tidak pernah teridentifikasi secara meyakinkan) membunuh korban dikenal pertamanya di East End, London; antara hari ini dan 10 November 1888, ia menewaskan sedikitnya lima pelacur.

1830: Louis Philippe, raja terakhir dari Prancis, diangkat menjadi raja.

1819: Simon Bolivar, yang disebut sebagai “pembebas” Amerika Selatan, meraih kemenangan besar atas Spanyol di Kolombia dalam Pertempuran Boyacá.

Komentar Anda