Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 6 Agustus

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 6 Agustus:

Kilas Balik Agustus

1997: Maskapai Korean Air Lines yang terbang dari Seoul jatuh di Bandara Internasional Guam, merenggut nyawa 228 orang.

1990: PBB menjatuhkan sanksi ekonomi terhadap Irak sebagai pembalasan atas invasi negara itu atas Kuwait.

1945: Amerika Serikat menjatuhkan bom atom pertama di Hiroshima, Jepang, pada hari-hari terakhir Perang Dunia II; setidaknya 78.000 orang tewas seketika, 10.000 orang tidak pernah ditemukan, dan lebih dari 70.000 orang terluka di samping dua pertiga dari kota itu hancur.

1926: Gertrude Ederle menjadi wanita pertama yang berenang di Selat Inggris, dan dia melakukannya dengan catatan waktu 14 jam, 31 menit dari Prancis ke Inggris, hampir 2 jam lebih cepat dari waktu terbaik yang pernah dicatat oleh seorang pria.

1915: Selama operasi Gallipoli Perang Dunia I, Inggris melakukan pendaratan ulang di semenanjung Gallipoli Turki; seperti serangan pertama, ini berakhir dengan kegagalan yang besar dan mahal.

1890: Kursi listrik, sarana eksekusi dengan listrik, digunakan untuk pertama kalinya, di Auburn State Prison, NY; akhirnya, penggunaannya diperluas hingga 24 negara bagian.

1846: Selama Perang Meksiko, pemerintah sentralistik Meksiko runtuh sepenuhnya, membuka jalan bagi Antonio López de Santa Anna untuk kembali berkuasa.

1825: Kongres di Chuquisaca (kemudian berganti nama Sucre) memproklamasikan kemerdekaan Bolivia dari Spanyol.

Komentar Anda