Mengenal Boise, Ibukota dan Kota Terbesar Idaho

Boise adalah ibukota sekaligus kota terbesar di Idaho yang terletak di bagian barat daya negara bagian itu. Kota ini dinamai sesuai nama Sungai Boise, yang mengalir membelah kota. Pedagang bulu Prancis di awal abad ke-19 menamainya Rivière Boisée, yang dalam bahasa Perancis berarti “sungai berhutan.” Boise memiliki begitu banyak pohon-seperti kapuk, birch, dan willow sehingga disebut juga “Kota Pohon.”

Gambar Kota Boise

Sebelum para pemukim kulit putih pertama kali tiba di situs ini, orang-orang Shoshone dan Paiute mendiami daerah Boise. Ketika emas ditemukan di pegunungan di dekatnya pada tahun 1862, ribuan penambang datang ke wilayah tersebut. Pada tahun 1863, Angkatan Darat AS mendirikan Fort Boise untuk melindungi kamp-kamp pertambangan dari serangan penduduk asli Amerika.

Setahun kemudian, Boise menjadi ibukota resmi Wilayah Idaho. Kota ini terutama berperan sebagai pusat pertanian dan pasokan untuk kota tambang di dekatnya, seperti Silver City. Beberapa bangunan dari masa ini masih berdiri di pusat kota yang disebut Old Boise. Pada 1890-an, pertanian mulai berkembang di kawasan itu saat para petani mulai mengairi lahan di sepanjang Sungai Boise.

Sekitar 212.303 orang tinggal di Boise. Banyak orang bekerja untuk pemerintah federal, negara bagian, atau lokal. Lebih dari 60 badan-badan federal berada di Boise. Badan legislatif negara bagian melakukan pertemuan-pertemuan penting di Idaho State Capitol, yang selesai dibangun pada tahun 1920 dan dirancang agar terlihat seperti U.S. Capitol di Washington, D.C. Hal yang paling tidak biasa dari bangunan ini adalah adanya air panas bawah tanah yang memanasinya.

Beberapa perusahaan besar memiliki kantor pusat di kota ini. Boise Cascade memproduksi perlengkapan kantor dan kertas, dan perusahaan seperti J.R. Simplot memproses banyak tanaman pangan dan ternak yang dibudidayakan di Idaho. Perusahaan teknologi tinggi seperti Hewlett-Packard memperkerjakan banyak orang berbakat dari Midwest dan Far West. Saat ini, produksi peralatan elektronik adalah industri terbesar Boise. Pabrik-pabrik lain menghasilkan produk logam, cat, dan peralatan pertanian.

Boise juga merupakan pusat budaya Idaho. Kota ini memiliki beberapa museum sejarah, museum seni, ruang musik, teater, kebun, dan kebun binatang. Boise juga menjadi kandang bagi Boise State University. Setiap Desember, Boise menjadi tuan rumah even tahunan Sheepherder’s Ball. Orang-orang Basque di kota ini merayakan tradisi Eropa mereka dengan mengenakan kostum tradisional dan memainkan musik rakyat Basque. Pada bulan November, Boise menghelat acara tahunan Festival of Trees.

Banyak kegiatan outdoor menyenangkan yang bisa dilakukan di Boise. Boise River adalah daya tarik besar. Setiap musim panas, lebih dari 250.000 wisatawan bersantai di bawah terik matahari dengan mengambang di sungai menggunakan rakit atau ban dalam.

Komentar Anda