Fakta dan Sejarah Bismarck, Ibukota North Dakota

Bismarck, ibukota North Dakota, terletak di tepi timur Sungai Missouri di bagian selatan-tengah negara bagian itu. Bismarck meliputi area seluas 67,47 kilometer persegi dan memiliki populasi sekitar 64.751 jiwa. Kota ini telah lama menjadi pusat transportasi, perdagangan, dan pertanian. Dalam beberapa dekade terakhir, industri energi telah membantu kota ini untuk tumbuh. Bismarck juga memproduksi mesin pertanian, makanan olahan, dan produk baja.

Gambar kota Bismarck

Bismarck terletak di persimpangan sungai yang lama digunakan oleh penduduk asli Amerika. Kota ini didirikan pada tahun 1872 dan diberi nama Edwinton, untuk menghormati Edwin L. Johnson, yang mendesak pembangunan kereta api lintas benua. Pada tahun 1873, para pejabat kereta api menamainya kota Bismarck, sesuai nama Otto von Bismarck, “Kanselir Besi” Jerman. Mereka berharap penghormatan ini bisa membujuk Jerman untuk berinvestasi di bidang perkeretaapian.

Ketika emas ditemukan di Black Hills di dekat Bismarck, kota ini lantas menjadi pusat transportasi dan perdagangan bagi penambang. Bismarck resmi didirikan pada tahun 1875. Pada tahun 1876, Bismarck Tribune mencatat sejarah ketika mencetak berita pertama tentang Pertempuran Little Bighorn di koran-koran di seluruh negeri. Ketika North Dakota menjadi negara bagian pada tahun 1889, Bismarck dijadikan ibukota. Mandan, “adik” kota Bismarck, terletak di seberangnya di tepi barat Sungai Missouri. Pada tahun 1883, sebuah jembatan kereta api dibangun untuk menghubungkan kedua kota.

State Capitol Building di Bismarck sering disebut “Skyscraper of the Prairie.” Struktur 19 lantai bergaya Art Deco (gaya seni dan arsitektur yang dikembangkan di awal 1900-an) ini dirancang pada tahun 1932 setelah kebakaran menghancurkan kapitol tua. Dibangun dari batu kapur dengan dasar granit hitam, situs ini berdiri di tengah hamparan taman. Gedung kapitol ini memiliki Roughrider Gallery yang menampilkan potret dan patung-patung orang-orang terkenal dari North Dakota. Kantor-kantor cabang eksekutif dan yudikatif negara bagian berada di lantai atas. Gedung sayap barat tiga lantai berbentuk melingkar memiliki ruangan untuk majelis legislatif. Pengadilan tertinggi negara ada di sayap timur. Pengunjung dapat melihat kota dan pedesaan sekitarnya dari sebuah dek observasi di lantai 18.

Pengunjung Bismarck dapat berlayar di Sungai Missouri di atas Lewis and Clark, sebuah perahu roda dayung yang bisa menampung 150 penumpang. Dakota Zoo adalah rumah bagi lebih dari 500 reptil, mamalia, dan burung. Pameran di North Dakota Heritage Center di kapitol mengilustrasikan aspek sejarah negara bagian. Sebuah trem tua Bismarck baru-baru ini diperbaiki, dan pengunjung bisa menaiki trem dari Mandan ke Fort Abraham Lincoln.

Komentar Anda