Fakta dan Keunikan Kota Boston, Massachusetts

Boston adalah kota terbesar di New England sekaligus ibukota negara bagian Massachusetts dengan penduduk sekitar 636.479 jiwa. Boston sering menjadi “kota pertama” dalam banyak hal. Boston adalah kota pertama yang memiliki taman umum, kota pertama yang memiliki undang-undang anti-rokok publik, dan menjadi tempat demonstrasi pesawat telepon pertama.

Gambar kota Boston

Pada tahun 1614, Kapten John Smith pertama kali memetakan Boston Harbor. Namun, John Winthrop dan pemukim Puritannya yang mendirikan Boston di tahun 1630. Situs ini dulunya adalah pemukiman utama di Massachusetts Bay Colony. Boston Latin School, didirikan pada tahun 1635, adalah sekolah menengah negeri pertama di koloni ini. Di tahun berikutnya, Harvard University dibuka di dekat Cambridge dan menjadi lembaga pendidikan tinggi pertama di koloni ini.

Di tahun 1700, Boston menjadi sebuah kota kecil yang ramai dengan pembuatan kapal, kegiatan penangkapan ikan (termasuk paus), serta perdagangan ritel dan luar negeri. Kaum penjajah menjual bahan baku ke Inggris. Inggris mengolah bahan-bahan itu menjadi produk jadi untuk dijual kembali kepada orang-orang di koloni.

Saat ini, Boston Harbor adalah area rekreasi yang populer. Kota ini dan pelabuhannya menarik jutaan wisatawan setiap tahun. Mereka menelusuri tempat-tempat bersejarah Boston dan menikmati pemandangan indah di pelabuhan. Boston adalah pusat transportasi utama di New England. Bagian pertama dari kereta bawah tanah dibuka pada tahun 1897 dan merupakan sistem kereta bawah tanah tertua di belahan bumi Barat. Sekitar 30 juta penumpang menggunakan Logan International Airport di Boston setiap tahun.

Tampaknya, aset wilayah Boston yang paling berharga ialah adanya lebih dari 50 perguruan tinggi dan universitas. Lembaga-lembaga ini menarik banyak pelajar dari seluruh dunia dan menawarkan perpustakaan, laboratorium penelitian, dan museum terkemuka. Boston University, Northeastern University, dan University of Massachusetts Boston adalah lembaga-lembaga pendidikan yang menjadi kebanggaan kota Boston.

Sebelum Revolusi Amerika, kota ini menjadi tempat dilangsungkannya Boston Tea Party, kisah heroik Paul Revere, dan Pembantaian Boston. Boston juga menyimpan banyak kisah sejarah yang mencengangkan. Pada tahun 1919, sebuah tangki baja besar meledak dan menumpahkan 2 juta galon (7,6 juta liter) molase (semacam sirup gula) yang lengket ke jalanan kota. “Banjir” itu menewaskan 21 orang dan meninggalkan molase sedalam 1 meter pada banyak jalan. Upaya pembersihan ini memakan waktu berbulan-bulan.

Lingkungan bersejarah Boston meliputi North End, South End, dan East Boston. Mereka yang tinggal di South End disebut “Southies,” sedangkan pemukim East End disebut “Easties.” Lingkungan Beacon Hill memiliki Boston Common, taman publik yang juga menjadi semacam “mercusuar” bagi kota. Pada tahun 1832, ketika Anti-Slavery Society New England didirikan di Boston, Beacon Hill menjadi jalan yang aman untuk Underground Railroad (jaringan rahasia yang terdiri atas rumah-rumah dan orang-orang yang membantu budak melarikan diri dari Selatan menuju kebebasan).

Hari ini, Beacon Hill menjadi pusat dari Women’s Heritage Trail dan Freedom Trail Boston. Old South Meeting House adalah bangunan bersejarah nasional. Museum ini memamerkan visualisasi Phillis Wheatley, seorang mantan budak dan penyair wanita Amerika berdarah Afrika pada masa Revolusi. Lampu-lampu gas yang klasik menghiasi jalan-jalan batu tempat di mana Benjamin Franklin, John Adams, dan Paul Revere menelusuri jalanan ini lebih dari 200 tahun yang lalu.

Banyak wisata budaya di kota ini, seperti Museum of Fine Arts dan Museum of Science. John F. Kennedy Presidential Library and Museum terletak di Columbia Point. Boston Symphony Orchestra, Boston Ballet, dan Huntington Theatre Company adalah sedikit dari banyak penampil budaya di Boston. Fenway Park adalah rumah dari Boston Red Sox, dibuka pada tahun 1912 dan merupakan stadion liga bisbol utama tertua di dunia. Boston Bruins dari liga hoki nasional dan Boston Celtics dari NBA bermain di kandang mereka di TD Garden. New England Patriots dari liga football nasional berbasis di pinggiran Boston, Foxborough.

Komentar Anda