Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 5 Agustus

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 5 Agustus:

Kilas Balik Agustus

1972: Presiden Uganda, Idi Amin Dada, memerintahkan pengusiran semua orang Uganda asal Asia yang memegang paspor Inggris (sekitar 40.000 orang) dari negaranya; karena sebagian besar dari mereka menguasai kredit dan perdagangan Uganda, tindakan ini mengakibatkan konsekuensi ekonomi yang parah.

1964: Presiden AS Lyndon B. Johnson menetapkan Resolusi Teluk Tonkin di hadapan Kongres, yang memberi kekuasaan luas pada presiden dalam menanggapi serangan terhadap pasukan Amerika dan yang menjadi dasar untuk meningkatkan keterlibatan lanjutan Amerika Serikat dalam Perang Vietnam.

1963: Amerika Serikat, Inggris, dan Uni Soviet menandatangani Traktat Larangan Uji Coba Terbatas, yang melarang pengujian senjata nuklir di atas tanah, di bawah air, dan di dalam udara; itu adalah perjanjian kontrol senjata nuklir pertama.

1962: Marilyn Monroe, salah satu tokoh film paling terkenal di masanya (Some Like It Hot, The Seven Year Itch, The Misfits), tewas karena overdosis pil tidur, kemungkinan bunuh diri, pada usia 36 tahun.

1950: Dalam Perang Korea, pasukan Korea Utara meluncurkan serangkaian serangan pertama terhadap perimeter yang didirikan Angkatan Darat Kedelapan AS di sekitar Pusan​​, di ujung selatan Korea.

1915: Dalam Perang Dunia I, Tentara Keduabelas Jerman di bawah Jenderal Max von Gallwitz menduduki Warsawa.

1100: Henry I, salah satu raja terbesar dari Inggris, naik tahta setelah kematian saudaranya William II; Henry, yang memerintah sampai tahun 1135, membawa perdamaian dan keamanan di negara itu dengan berbagai kebijakannya.

Komentar Anda