Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 4 Agustus

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 4 Agustus:

Kilas Balik Agustus

1997: Setelah pemilu pada bulan Juli, Charles Taylor menjadi presiden Liberia; sebagai pemimpin tentara pemberontak sejak tahun 1989, ia memiliki catatan pelanggaran hak asasi manusia, yang terus berlangsung -bersama dengan kekacauan- sampai masa kepresidenannya (yang berakhir dengan pengunduran diri pada tahun 2003). Pada April 2012, Pengadilan Kriminal Internasional mendakwanya bersalah atas 11 tuduhan kejahatan perang dan kejahatan terhadap kemanusiaan.

1964: Mayat tiga pekerja hak-hak sipil, James Chaney, Andy Goodman, dan Michael Schwerner, yang menghilang pada tanggal 21 Juni ditemukan terkubur di sebuah tambak di Philadelphia. 7 dari 21 tersangka anggota komplotan dihukum di pengadilan federal pada tahun 1967, tetapi negara tidak menuntut siapapun sampai 2005, ketika Edgar Ray Killen, 80 tahun, mantan pemimpin Ku Klux Klan, dihukum karena pembunuhan itu.

1964: Serangan Vietnam Utara kedua terhadap kapal AS di Teluk Tonkin digunakan sebagai dasar oleh Amerika Serikat untuk melahirkan Resolusi Teluk Tonkin, dimana Presiden Lyndon Johnson menerima otorisasi kongres untuk memperluas keterlibatan AS dalam apa yang dikenal sebagai Perang Vietnam.

1944: Anne Frank dan tujuh warga lainnya di tempat persembunyian rahasia mereka di Amsterdam ditemukan dan ditangkap oleh Nazi; mereka semua dideportasi ke kamp konsentrasi Jerman, di mana hanya ayah Anne, Otto, yang selamat.

1914: Peperangan di bagian depan barat Perang Dunia I dimulai saat pasukan Jerman, menyusul versi modifikasi dari rencana Schlieffen, menginvasi Belgia dalam perjalanan menuju ke Prancis; Inggris, yang telah berkomitmen untuk mempertahankan netralitas Belgia, segera menyatakan perang terhadap Jerman.

1735: John Peter Zenger dibebaskan dari tuduhan penerbitan pencemaran nama baik, yang kemudian dianggap sebagai ujian pertama bagi pers untuk menerbitkan kebenaran.

Komentar Anda