Fakta dan Keunikan Kota Baltimore, Maryland

Semenjak didirikan pada tahun 1729, Baltimore hampir selalu menjadi pusat perdagangan dan transportasi Maryland. Hari ini, Baltimore adalah kota terbesar di Maryland dengan populasi 621.342 jiwa. Kota ini juga menjadi salah satu pelabuhan terbesar di negara bagian itu. Baltimore terletak di muara Sungai Patapsco, bagian dari Chesapeake Bay. Kota ini terletak 64 kilometer di timur laut Washington, D.C.

Gambar Kota Baltimore

Baltimore dinamai sesuai nama kepala keluarga Calvert, Lord Baltimore, dan pertama kali dikenal sebagai Baltimore Town. Karena lokasinya yang ideal sebagai sebuah kota pelabuhan, Baltimore menjadi pusat perdagangan. Petani dan pedagang mengambil barang di sana untuk dijual di daerah lain. Galangan kapal juga menjadi bisnis besar bagi kota ini. Galangan kapal Baltimore menghasilkan banyak kapal layar cepat yang disebut clipper.

Ketika industri modern berkembang pada 1800-an, banyak pabrik dibangun di Baltimore. Banyak perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan makanan. Produksi buah, sayuran, dan tiram kalengan dikirim ke seluruh dunia. Baltimore juga menjadi pusat pembuatan pakaian. Meski banyak pabrik Baltimore yang sudah tutup, kota ini masih menjadi pelabuhan utama. Layanan kesehatan dan sains adalah industri besar di Baltimore saat ini. Industri penting lainnya adalah perbankan dan asuransi. Baltimore adalah rumah bagi Johns Hopkins University, yang menyerap banyak tenaga kerja.

Baltimore dikelilingi banyak daerah. Beberapa darinya berhubungan dengan kelompok-kelompok etnis yang berbeda. Little Italy, dekat tepi pantai, adalah rumah pertama bagi banyak imigran Italia dan saat ini dikenal karena banyaknya restoran Italia di sana. Westside, distrik bisnis asli Baltimore, dipenuhi dengan sejarah dan budaya Afrika-Amerika. Daerah yang berdekatan lainnya terletak di sepanjang pelabuhan. Fell’s Point dinamai sesuai dengan nama orang Inggris yang mendirikan sebuah perusahaan pembuatan kapal di sana pada tahun 1726. Saat ia menjadi seorang budak, Frederick Douglass bekerja di galangan kapal di daerah itu. Hari ini, Fell’s Point menarik banyak pengunjung dengan berbagai toko dan restoran. Federal Hill menghadap pelabuhan. Daerah ini menjadi tempat pesta besar pada tahun 1788, yang merayakan ratifikasi Maryland sesuai Konstitusi AS. Banyak rumah dari abad ke-19 tetap berdiri di sana.

Baltimore memiliki sejumlah monumen terkenal sehingga terkadang disebut “Monumental City.” Kota ini adalah tempat bagi monumen pertama yang dibangun untuk menghormati George Washington. Battle Monument dibangun untuk mengenang warga dan tentara yang tewas selama Pertempuran Baltimore pada tahun 1814. Monumen lainnya mengenang Francis Scott Key, yang menulis kata-kata “The Star-Spangled Banner” saat ia menyaksikan pertempuran dari kapal Inggris. Fort McHenry, situs Pertempuran Baltimore, sekarang menjadi atraksi wisata yang populer. Ini adalah monumen nasional dan kuil bersejarah.

Pecinta seni akan tertarik dengan koleksi seni di Baltimore Museum of Art dan Walters Art Museum. Tulisan-tulisan penting dari para penulis Baltimore seperti Edgar Allan Poe dan H.L. Mencken dapat dilihat di Enoch Pratt Free Library. Pratt adalah salah satu perpustakaan umum terbesar di Amerika Serikat dan memiliki lebih dari 20 cabang.

Sejak tahun 1950-an, Baltimore telah menjadi pemimpin dalam hal pembaruan perkotaan. Deretan rumah bata merah yang terkenal di kota itu telah diperbaiki, dan pusat sipil baru telah didirikan di jantung kota. Inner Harbor telah direvitalisasi dan sekarang menjadi pusat kegiatan wisata. Di sepanjang pelabuhan ada pusat perbelanjaan yang disebut Harborplace, Maryland Science Center, dan National Aquarium di Baltimore, di mana pengunjung dapat melihat tanaman dan ikan eksotis. USS Constellation, kapal perang dari tahun 1700-an, dapat dilihat di dermaga Inner Harbor. Kapal ini dan kapal-kapal bersejarah lainnya dipamerkan untuk umum. Baltimore Basilica adalah katedral Katolik Roma tertua di Amerika Serikat.

Wisatawan yang menyukai olahraga bisbol wajib mengunjungi Oriole Park at Camden Yards, sebuah stadion bisbol indah yang dibangun pada awal 1990-an untuk tim Orioles Baltimore. Tempat ini hanya dua blok dari tempat kelahiran salah satu pemain bisbol legendaris Amerika, Babe Ruth. Penggemar football dapat melihat Baltimore Ravens bermain di stadion kandang mereka pada titik selatan Camden Yards.

Komentar Anda