Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 3 Agustus

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 3 Agustus:

Kilas Balik Agustus

2005: Kejutan terjadi dalam pemilihan presiden Iran, tokoh ultrakonservatif-populis Mahmoud Ahmadinejad memenangkan pemilu.

2002: Presiden Taiwan Chen Shui-bian secara publik menyebut China dan Taiwan sebagai dua negara (yang berbeda) dan menyerukan referendum mengenai masalah kemerdekaan; ini adalah pertama kalinya seorang pemimpin Taiwan berbicara dalam hal tersebut, dan pemerintah China mengancam akan menggunakan kekerasan untuk mencegah kemerdekaan formal Taiwan.

1958: Kapal selam nuklir pertama di dunia, Nautilus, berlayar di bawah es di kutub dengan kecepatan lebih dari 20 knot, lewat di bawah Kutub Utara.

1916: Sir Roger Casement dieksekusi oleh Inggris karena aktivitasnya selama Ireland’s Easter Rising; pengabdian panjang dan terhormatnya sebagai pejabat konsulat Inggris dikesampingkan, dan buku harian pribadinya (mungkin dipalsukan) digunakan untuk menghitamkan reputasinya.

1914: Jerman menyatakan perang terhadap Prancis pada awal Perang Dunia I.

1832: Pemimpin Sauk Black Hawk diserang dan sisa-sisa anggotanya dimusnahkan karena mereka berusaha melarikan diri ke barat melintasi Sungai Mississippi; peristiwa ini menjadi akhir Perang Black Hawk dan konflik terakhir utama Indian-kulit putih di timur Mississippi.

1778: La Scala, atau Teatro alla Scala, di Milan, Italia, yang telah menjadi salah satu gedung opera paling bergengsi di dunia, dibuka dengan pemutaran perdana karya Antonio Salieri Europe Rewarded.

1492: Christopher Columbus, seorang navigator kelahiran Genoa yang berlayar untuk Ratu Isabella I dari Spanyol, berlayar dari Palos dengan kapal NiƱa, Pinta, dan Santa Maria mencari rute barat ke Hindia.

Komentar Anda