Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 2 Agustus

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 2 Agustus:

Kilas Balik Agustus

1990: Pasukan militer Irak, atas perintah dari Presiden Saddam Hussein, menginvasi dan menduduki Kuwait, tindakan yang menyebabkan Perang Teluk Persia tahun 1991.

1945: Potsdam Conference, pertemuan puncak Sekutu yang terakhir dalam Perang Dunia II, berakhir; pertemuan ini menghasilkan mesin untuk menyusun perjanjian perdamaian dengan Italia dan negara-negara Poros minor dan memperkuat rencana pendudukan militer atas Jerman namun gagal mencapai kesepakatan mengenai berbagai isu penting lainnya.

Loading...

1939: Albert Einstein mengirim surat kepada Presiden AS Franklin D. Roosevelt yang mendesak Amerika Serikat melanjutkan pengembangan bom atom sebelum Jerman melakukan; surat itu berkontribusi kepada keputusan Roosevelt untuk mendanai Proyek Manhattan.

1943: Dalam Perang Dunia II, kapal perusak Jepang, Amagiri, menabrak dan menenggelamkan PT-109, kapal Angkatan Laut AS yang dikomandoi oleh Letnan John F. Kennedy (JFK).

1934: Paul von Hindenburg, komandan tertinggi Jerman selama Perang Dunia I dan kemudian presiden Republik Weimar, meninggal ketika menjabat; ia ditunjuk Adolf Hitler sebagai kanselir pada tahun 1933, dan pada saat kematian Hindenburg, kekuasaan Hitler atas Jerman begitu lengkap hingga ia mampu merebut kekuasaan dari presiden dan menghapuskan pemerintahan.

Baca Juga:  Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 27 Agustus

1802: Menyusul akhir Perang Revolusi Perancis, Napoleon I diakui oleh plebisit di Perancis sebagai konsul seumur hidup.

1790: Sensus populasi AS pertama dilakukan; negara baru itu “hanya” memiliki penduduk 3.939.214 jiwa.

Loading...

Komentar Anda