Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 2 Agustus

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 2 Agustus:

Kilas Balik Agustus

1990: Pasukan militer Irak, atas perintah dari Presiden Saddam Hussein, menginvasi dan menduduki Kuwait, tindakan yang menyebabkan Perang Teluk Persia tahun 1991.

1945: Potsdam Conference, pertemuan puncak Sekutu yang terakhir dalam Perang Dunia II, berakhir; pertemuan ini menghasilkan mesin untuk menyusun perjanjian perdamaian dengan Italia dan negara-negara Poros minor dan memperkuat rencana pendudukan militer atas Jerman namun gagal mencapai kesepakatan mengenai berbagai isu penting lainnya.

1939: Albert Einstein mengirim surat kepada Presiden AS Franklin D. Roosevelt yang mendesak Amerika Serikat melanjutkan pengembangan bom atom sebelum Jerman melakukan; surat itu berkontribusi kepada keputusan Roosevelt untuk mendanai Proyek Manhattan.

1943: Dalam Perang Dunia II, kapal perusak Jepang, Amagiri, menabrak dan menenggelamkan PT-109, kapal Angkatan Laut AS yang dikomandoi oleh Letnan John F. Kennedy (JFK).

1934: Paul von Hindenburg, komandan tertinggi Jerman selama Perang Dunia I dan kemudian presiden Republik Weimar, meninggal ketika menjabat; ia ditunjuk Adolf Hitler sebagai kanselir pada tahun 1933, dan pada saat kematian Hindenburg, kekuasaan Hitler atas Jerman begitu lengkap hingga ia mampu merebut kekuasaan dari presiden dan menghapuskan pemerintahan.

1802: Menyusul akhir Perang Revolusi Perancis, Napoleon I diakui oleh plebisit di Perancis sebagai konsul seumur hidup.

1790: Sensus populasi AS pertama dilakukan; negara baru itu “hanya” memiliki penduduk 3.939.214 jiwa.

Komentar Anda