Mengenal Seluk Beluk Negara Bagian California

Sebuah roman Spanyol tahun 1500-an menjalin kisah pulau surga bernama California. Ketika pelaut Juan Rodríguez Cabrillo menjelajahi pantai di utara Meksiko pada tahun 1542, ia menamai tanah itu sesuai utopia dongeng ini. Nama panggilan California modern, Golden State, mengacu pada iklim cerah dan mineral yang memicu demam emas yang terkenal pada tahun 1849.

Peta unik California

California adalah yang terbesar dari negara-negara bagian di Pantai Pasifik. California menempati sudut barat daya daratan Amerika Serikat dan menjadi negara bagian terbesar ketiga setelah Alaska dan Texas. California memiliki titik terendah di Belahan Barat. Titik itu adalah Death Valley, yang memiliki ketinggian 86 meter di bawah permukaan laut. California juga memiliki titik tertinggi di antara negara bagian “Lower 48”, yakni Mount Whitney, yang memiliki tinggi 4.418 meter.

Iklim dan topografi California sangat beragam dan kontras. Garis pantai Pasifik sepanjang 1.352 kilometer dimulai dengan pantai berpasir di selatan. Kemudian membentang ke utara menuju tanjung tinggi berbatu Monterey Peninsula dan Cape Mendocino. California Utara memiliki curah hujan mirip dengan Oregon dan Washington. Sebaliknya, kelembaban relatif kecil di padang pasir selatan dekat perbatasan Meksiko.

Pada tahun 1700-an, penjelajah Spanyol dan misionaris Kristen menghuni dataran pantai dan lembah California. Daerah ini sekarang menjadi yang paling padat penduduknya dan memiliki pusat-pusat industri utama California.

California memiliki populasi terbesar dari lima puluh negara bagian AS. Sekitar 75 persen dari lebih dari 37 juta penduduknya tinggal di selatan. Di sana suasana lebih cerah, hangat, dan kering ketimbang di utara. Dua kota besar mendominasi kehidupan budaya dan ekonomi negara bagian ini, yakni Los Angeles dan San Francisco.

Andai California adalah sebuah negara, maka ia akan menjadi salah satu dari sepuluh negara terkaya di dunia. Negara bagian ini menawarkan berbagai jenis jasa dan produk-produk manufaktur. Pertanian juga penting bagi perekonomian California. Bahkan, California memimpin AS dalam produksi pertanian.

California semakin industrialis, namun tetap menjadi negara bagian agrikultural nomor satu di AS. Daerah pertanian yang luas membentang di Central Valley. Lembah ini memanjang dari Cascade Range di utara ke Tehachapi Pass dekat Los Angeles. Persik, pir, dan plum matang di ratusan kebun. Anggur, almond, kenari, serta ladang gandum dan barley ada di setiap penjuru.

Komentar Anda