Mengenal Kota Anchorage, Alaska

Anchorage adalah kota yang jauh lebih muda dari Juneau, Sitka, atau Fairbanks. Kota ini mulai dibangun ketika pemerintah membangun Alaska Railroad pada tahun 1915 untuk menghubungkan Seward, di pantai Teluk Alaska, dengan Fairbanks, jauh di daratan. Anchorage dulunya adalah tempat didirikannya tenda masal bagi 2.000 pekerja kereta api di Cook Inlet.

Gambar kota Anchorage Alaska

Sejak saat itu, Anchorage telah mengalami kemajuan pesat dan membentang di seluruh wilayah yang berbatasan dengan Cook Inlet di barat dan Pegunungan Chugach di timur. Kota ini berada di semenanjung yang mencapai Cook Inlet. Populasi kota ini adalah 298.610 jiwa.

Anchorage telah mengalami beberapa ledakan pertumbuhan. Yang pertama terjadi pada saat Perang Dunia II dan pembangunan pangkalan militer di daerah ini. Selama tahun 1950, tahun-tahun awal perang dingin AS dengan Uni Soviet, sistem peringatan dini serangan rudal juga ditempatkan di daerah ini. Kemudian pembangunan Trans-Alaska Pipeline pada era 70-an menarik banyak insinyur, pemodal, dan pengebor minyak ke Anchorage.

Sebuah gempa bumi besar melanda Anchorage pada hari Jumat Agung tahun 1964. Gempa itu meratakan banyak bagian kota, sehingga membutuhkan proyek konstruksi besar-besaran. Pembaharuan kota ini membuat Anchorage terlihat lebih modern, namun beberapa orang mengatakan “kurang Alaska.” Anchorage memiliki deretan mal, restoran cepat saji, dan gedung-gedung tinggi seperti umumnya kota di Amerika Serikat, tapi tidak seperti kota-kota Alaska lainnya.

Anchorage tampak lebih “modern” daripada kota-kota lain di Alaska. Pusat kota dibangun berderet-deret seperti garis-garis di kertas. Jalan-jalan menghampar dari timur-barat atau utara-selatan dalam pola yang rapi. Jalan timur-barat menggunakan nomor untuk nama jalan, dan jalan-jalan utara-selatan menggunakan huruf. Satu-satunya keanehan di sini adalah tidak adanya jalan berhuruf “J”. Legenda mengatakan bahwa orang Skandinavia di daerah itu mengalami kesulitan mengatakan huruf itu, sehingga dibuang dari peta kota.

Anchorage adalah kota pelabuhan utama dan pusat kereta api. Pemerintahan dan militer, minyak bumi, dan pariwisata merupakan industri utama kota ini. Pendidikan dan pelayanan kesehatan serta jasa profesional dan bisnis adalah bidang usaha yang juga besar di Anchorage.

Pengunjung Anchorage dapat menikmati sejumlah museum, galeri, dan tempat-tempat wisata yang berbeda. Alaska Experience Theatre memiliki museum gempa, seni suku asli Amerika, dan film yang ditujukan untuk Alaska. Imaginarium Discovery Center adalah pusat sains praktis Alaska. Pengunjung dari segala usia dapat menikmati seni, sejarah, dan ilmu pengetahuan melalui bermain. Tempat ini memiliki lebih dari 80 pameran.

Alaska Native Heritage Center adalah pusat budaya dan museum yang ditujukan kepada pemukim awal Alaska. Anchorage Museum menampilkan seni dan kerajinan suku asli Amerika yang bersejarah dan modern. Tempat-tempat bersejarah lain yang menarik antara lain Oscar Anderson House Museum di Elderberry Park, Nesbett State Courthouse, dan Captain Cook Monument. Dua tiang totem besar, didirikan pada tahun 1997 di depan Nesbett State Courthouse, melambangkan keadilan dan kesetaraan seperti yang dijunjung oleh orang-orang Tlingit.

Komentar Anda