Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 1 Agustus

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 1 Agustus:

Kilas Balik Agustus

1966: Dalam kasus kekerasan di sekolah paling mematikan sepanjang sejarah AS, Charles Whitman, mantan tentara angkatan laut dan mahasiswa di University of Texas di Austin, membunuh 16 orang dan melukai 31 orang lainnya dari menara di kampus sebelum ia sendiri ditembak mati oleh polisi.

1960: Benin merdeka dari Perancis sebagai Republik Dahomey; namanya berubah pada tahun 1975.

1946: Komisi Energi Atom diciptakan untuk mengawasi pengembangan bom atom.

1944: Selama Perang Dunia II, Pemberontakan Warsawa dilecutkan oleh gerakan perlawanan anti-Jerman Polandia saat pasukan Soviet mendekati kota; meskipun pemerintah Soviet mendorong pemberontakan ini dan berjanji untuk mendukungnya, tujuan dari perlawanan anti-Komunis ini adalah untuk membebaskan ibukota Polandia dari Jerman sebelum Soviet melakukannya.

1941: Britania Raya memutuskan hubungan dengan Finlandia yang memihak Jerman ketika negara itu menyerang Uni Soviet selama Perang Dunia II.

1919: Rezim Komunis Béla Kun yang singkat runtuh di Hungaria setelah pasukan Rumania menduduki Budapest.

1914: Di tengah rantai mobilisasi dan deklarasi yang meletuskan Perang Dunia I, Jerman menyatakan perang terhadap Rusia.

1838: Britania Raya mengakhiri perbudakan di seluruh Kerajaan Inggris; Hari Emansipasi ini menjadi hari libur nasional di banyak negara Karibia, dan selama abad ke-19 (terutama sebelum emansipasi AS) secara luas juga dirayakan di Amerika Serikat.

1798: Laksamana Inggris, Horatio Nelson, menyerang dan memusnahkan armada Napoleon di Abukir Bay di Mesir; Pertempuran Sungai Nil ini berhasil menghalau Napoleon dan pasukannya dari Perancis.

Komentar Anda