Tiga Hal Penting Tentang Jantung Anda

Manusia selalu terpesona oleh mesin utama yang menopang kehidupannya: jantung. Tentu, kita tidak selalu tahu apa yang dilakukan atau cara kerjanya, tapi sulit untuk mengabaikan peran vitalnya dalam tubuh kita. Jika Anda peduli dengan organ yang satu ini, tiga fakta ini wajib Anda ketahui.

Gambar jantung manusia

1. Jantung embrio mulai terbentuk saat kehamilan menginjak 16 sampai 19 hari, dan berjalan melalui beberapa perubahan bentuk menjadi seperti miniatur jantung orang dewasa. Pertama, jantung embrio berbentuk tabung kecil, mirip dengan jantung ikan mas. Seiring perkembangannya, bentuknya berubah menjadi mirip tapal kuda.

Segera setelah itu, organ ini akan berkembang menjadi jantung dua bilik, seperti katak. Seiring waktu, ruang lain berkembang dan sedikit menyerupai hati ular. Akhirnya, ruang keempat berkembang, dan semakin membentuk jantung manusia. Jantung embrio mulai berdetak sekitar hari ke-22 kehamilan. Pada sekitar empat minggu, jantung mampu menyirkulasikan darah.

2. Ketika diminta menyentuh jantung, sebagian besar dari kita menyentuh sisi kiri dada. Dalam banyak ilustrasi dan film, posisi jantung seolah berada di sana. Faktanya, jantung terletak sedikit di tengah dada, tepatnya di belakang tulang dada Anda. Tapi kenapa rasanya jantung terletak sisi dada paling kiri?

Sisi kiri jantung bertanggung jawab untuk mendorong darah ke sudut terjauh dari tubuh Anda. Sisi kanan mengangkut darah ke paru-paru, yang bersebelahan secara langsung. Karena itulah, jantung tidak menggunakan banyak tenaga untuk mengirim darah ke paru-paru. Sebaliknya, sisi kiri jantung memberikan dorongan kuat untuk mengirim darah ke seluruh tubuh melalui arteri. Itulah sebabnya meski terletak di tengah, detak jantung yang terasa adalah di sebelah kiri dada.

3. Relatif sedikit orang Amerika yang meninggal karena penyakit jantung di abad ke-19. Pada tahun 1900, pneumonia, tuberkulosis (TB), dan diare/enteritis adalah tiga pembunuh utama orang Amerika. Penyakit jantung ada di tempat keempat. Namun, perubahan gaya hidup radikal yang dibawa oleh modernisasi membuat penyakit jantung melesat ke peringkat satu sejak tahun 1900. Penyakit jantung menyumbang sekitar 10 persen dari semua kematian. Sekarang, penyakit jantung bertanggung jawab atas 35 sampai 40 persen dari semua kematian di AS.

Komentar Anda