Profil Kota Akron, Ohio

Akron pernah menjadi produsen ban dan produk karet lainnya terbesar di dunia. Semuanya berawal ketika penemu Benjamin F. Goodrich datang ke Akron pada tahun 1870 dan mendirikan pabrik untuk membuat karet. Pada awal tahun 1900-an, ketika orang mulai mengendarai mobil, Goodrich mulai membuat ban karet untuk mobil. Segera perusahaan-perusahaan karet -Firestone, General Tire, dan Goodyear- pindah ke Akron.

Gambar kota Akron, Ohio

Saat pabrik ban tumbuh, banyak pekerja berdatangan ke Akron, dan penduduk kota mulai tumbuh. Antara tahun 1910 dan 1920, karena produksi mobil naik, industri karet Akron meningkat drastis, dan populasi kota ini meledak tiga kali lipat dari 70.000 jiwa menjadi 210.000 jiwa. Namun, pada tahun 1960 sebagian besar ban juga diproduksi di bagian lain dunia, dan pertumbuhan penduduk Akron terhenti. Saat ini, Akron memiliki populasi yang kira-kira sama dengan tahun 1920.

Kota ini tidak lagi menjadi Ibukota Karet Dunia, tetapi terus membuat banyak produk karet, seperti selang, ban berjalan, dan karet gelang. Pakaian ruang angkasa asli yang dipakai oleh astronot AS dibuat oleh B.F. Goodrich Company. Laboratorium penelitian Goodyear dan Firestone terus menemukan penggunaan karet dan plastik yang baru dan menarik. Akron juga telah mengembangkan perekonomian yang lebih bervariasi, yang meliputi pembuatan pesawat terbang dan peralatan industri, plastik, serta bahan kimia.

Mobil dan jalan raya yang modern telah mengubah Akron dengan cara lain. Saat jarak bukan lagi menjadi halangan di jaman modern, kota ini berhubungan lebih erat dengan Cleveland yang jaraknya hanya 64 kilometer, dan puluhan kota-kota kecil di pinggiran tumbuh di antara kedua kota ini. Saat ini, Akron adalah dihuni oleh sekitar 198.500 orang.

Suku Lenni-Lenape, Chippewa, dan Erie dulunya menghuni daerah ini, tapi kebanyakan penduduk asli Amerika telah meninggalkan Ohio pada saat Akron didirikan oleh Simon Perkins dan Paul Williams pada tahun 1825. Perkins memilih nama “Akron,” kata Yunani yang berarti “titik tinggi” karena kota ini berada di punggung bukit setinggi 290 meter di atas permukaan laut. Pada tahun 1830-an, Ohio & Erie Canal menghubungkan Akron dengan Cleveland di utara dan Portsmouth di selatan, membawa perdagangan dan kemakmuran ke kota ini.

Akron memiliki beberapa wisata budaya yang paling tidak biasa di Ohio. Akron Police Department Museum memamerkan uang palsu, senjata sitaan, dan foto kejahatan. Inventure Place adalah museum sains yang unik di mana pengunjung dapat mengambil bagian-bagian gadget untuk melihat bagaimana mereka bekerja, dan bahkan membuat penemuan mereka sendiri. Goodyear World of Rubber menceritakan sejarah karet dan memiliki replika laboratorium sang pendiri, Charles Goodyear, dan model perkebunan karet skala penuh.

Penggemar olahraga berduyun-duyun datang ke Akron pada bulan Agustus untuk menyaksikan dua acara, All-American Soap Box Derby dan World Golf Championships–NEC Invitational. Sedangkan para pecinta musik datang setiap tahun ke Blossom Music Center, rumah musim panas bagi Cleveland Orchestra yang terkenal.

Komentar Anda