Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 30 Juli

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 30 Juli:

Kilas Balik Juli

1980: New Hebrides, sebuah kelompok pulau di Samudra Pasifik barat daya yang telah dikelola bersama oleh Perancis dan Inggris sejak tahun 1887, menjadi negara merdeka Vanuatu.

1945: U.S.S. Indianapolis ditenggelamkan oleh kapal selam Jepang di Samudra Pasifik; hanya 316 dari dari 1.196 awak yang selamat.

1914: Menanggapi deklarasi perang Austria pada Serbia sekutu Rusia, kaisar Rusia Nicholas II memerintahkan mobilisasi tentara Rusia untuk menyongsong Perang Dunia I.

1898: Otto von Bismarck, arsitek unifikasi Jerman dan penengah politik kekuasaan Eropa pada paruh kedua abad ke-19, meninggal dunia.

1858: Penjelajah Inggris John Hanning Speke mencapai Danau Victoria (Victoria Nyanza), yang dengan tepat ia identifikasi sebagai sumber Sungai Nil Putih; dia adalah orang Eropa pertama yang menjelajahi danau itu.

1811: Miguel Hidalgo y Costilla, pemimpin pertama pemberontakan Meksiko melawan penjajahan Spanyol, dieksekusi oleh regu tembak setelah kekalahan gerakan revolusioner.

1771: Benjamin Franklin memulai penulisan Autobiography-nya; meskipun ia terus mengerjakannya selama 19 tahun, cerita hidupnya yang tidak pernah selesai dikerjakan, berhenti di sekitar tahun 1757.

1729: Kota Baltimore di Amerika Serikat didirikan.

Komentar Anda