5 Makanan Beracun yang Paling Berbahaya

Jika Anda berkunjung ke luar negeri, pastikan untuk tidak menyentuh makanan-makanan berikut ini. Pasalnya, di beberapa negara, makanan-makanan unik ini dijual bebas. Meski banyak yang mengklaim bahwa semua hidangan ini aman dan dikelola oleh tangan-tangan ahli, namun resiko yang ditimbulkannya patut dicermati.

1. Ikan buntal/kembung, Jepang

Gambar ikan kembung Jepang

Potensi mematikan ikan buntal atau ikan fugu adalah ancaman yang sangat nyata. Beberapa organ dalam ikan ini menghasilkan tetrodotoxin, yang mampu melumpuhkan dalam banyak kasus, dan tak jarang berujung kematian. Jika Anda mengunjungi Shimonoseki, pusat makanan fugu di Jepang, pastikan koki yang sangat terlatih dan bersertifikat yang mengolah ikan Anda.

2. Keju belatung, Sardinia

Gambar keju belatung

Dari namanya saja, bisa disimpulkan bahwa makanan ini sangat menjijikkan. Selain menjijikkan, belatung yang menjadi isi keju susu domba ini bisa mengacaukan isi perut Anda, dan sampai batas tertentu bisa menyebabkan kematian. Makanan khas Sardinia ini juga dikenal dengan nama Casu Marzu.

3. Bullfrog, Afrika

Gambar katak goreng Afrika

Bullfrog adalah katak predator Afrika. Katak raksasa ini banyak dijadikan makanan di negara Namibia. Katak khas daerah ini penuh dengan racun yang bisa menyebabkan gagal ginjal, bahkan sering juga membawa maut. Masyarakat lokal mengatakan bahwa bullfrog aman dikonsumsi jika hewan ini sudah kawin.

4. Buah Ackee, Jamaika

Gambar buah ackee Jamaika

Penampilan memang bisa menipu, termasuk buah Ackee asal Jamaika ini. Sekilas, buah asli Jamaika ini mirip buah kelampok Asia. Namun, buah ini bisa menyebabkan Anda muntah, bahkan pendarahan jika Anda melahapnya sebelum ia benar-benar matang.

5. Bayi gurita, Korea

Gambar makanan bayi gurita Korea

Nama makanan ini adalah Sannakji, berupa bayi gurita hidup yang menjadi hidangan mentah di Korea. Tak seperti banyak makanan berbahaya lain, Sannakji tidak mengandung racun. Namun jika tak berhati-hati dalam memakannya, hewan hidup ini akan membuat tersedak, menyendat kerongkongan, dan berpotensi menyebabkan sesak nafas.

Komentar Anda