Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 29 Juli

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 29 Juli:

Kilas Balik Juli

1981: Lady Diana Spencer menikah dengan Charles, Pangeran Wales, dalam “pernikahan dongeng” yang berakhir sangat tidak bahagia.

1968: Paus Paulus VI menerbitkan ensiklik Humanae Vitae, menegaskan kembali larangan Gereja Katolik Roma tentang metode buatan pengendalian kelahiran.

1957: International Atomic Energy Agency didirikan sebagai lembaga otonom dari Perserikatan Bangsa-Bangsa.

1955: Presiden Dwight D. Eisenhower menyetujui peluncuran satelit kecil yang memutari bumi sebagai bagian dari partisipasi AS dalam International Geophysical Year (IgY); peristiwa ini menandai awal dari program luar angkasa AS.

1900: Humbert II, raja Italia, dibunuh oleh seorang anarkis di Monza; ia digantikan oleh putranya Victor Emmanuel III.

1890: Pelukis Vincent van Gogh meninggal dunia di Auvers, Prancis, karena luka dari tembakannya sendiri.

1813: Jenderal Perancis Androche Junot, yang dipuji karena keberhasilan awalnya dalam Perang Peninsular dan kemudian disalahkan karena kemunduran Prancis, bunuh diri.

1565: Mary, Ratu Skotlandia, menikah dengan sepupu pertamanya, Henry Stewart, Lord Darnley; pernikahan itu adalah bencana politik dan pribadi.

1030: Raja Norwegia, Olaf II, yang mendirikan gereja Kristen di Norwegia (1024), tewas dalam Pertempuran Stiklestad; dia adalah santo pelindung Norwegia, dan perayaannya dilakukan hari ini.

Komentar Anda