Fakta-fakta Unik Tentang Makanan Yunani

Masakan Yunani menyajikan sayuran segar dan berbagai daging, seperti daging domba, ayam, babi, ikan, dan sapi, dengan pengaruh Italia dan negara-negara lain di dekatnya. Campuran bumbu tajam memberikan hidangan Yunani cita rasa yang berbeda. Zaitun, lemon, bawang putih, dan berbagai rempah-rempah menjadi bumbu utama dalam resep keluarga yang telah teruji waktu.

Gambar Makanan Yunani Souvlaki
Souvlaki

Dalam kebudayaan Yunani, Paskah dimulai dengan berpuasa di hari pertama, ketika orang-orang bersiap untuk menyambut kebangkitan Kristus dengan membersihkan tubuh mereka. Makanan yang dimakan pada periode ini memiliki kata “nistisima” sesudahnya, yang artinya tidak mengandung telur, daging, dan produk susu. Roti Paskah tradisional, Tsoureki, memiliki rasa yang sedikit manis.

Orang Yunani juga membuat kue Paskah Yunani untuk dimakan bersama teman-teman dan pengunjung. Minggu Paskah dalam budaya Yunani adalah waktu perayaan. Sup favorit Paskah adalah mayeritsa, yang dibuat dengan organ domba dan bumbu khusus. Selama liburan Natal, makanan yang biasa dinikmati orang Yunani meliputi melomakarona (cookie yang di atasnya diberi madu dan kenari) dan kourabiethes (kue gula almond). Orang Yunani juga menikmati berbagai kue dan makanan penutup lainnya.

Kue Yunani Kourabiethes
Kue Yunani Kourabiethes

Adonan filo adalah dasar dari banyak resep favorit Yunani. Bahan ini digunakan dalam spanakopita (kue bayam) dan baklava (kue manis dengan kacang). Resep Yunani favorit lainnya yang menggunakan filo antara lain makanan pembuka seafood, lauk “sarang”, makanan pembuka, serta makanan penutup dan tart.

Daging favorit yang disajikan di rumah-rumah dan restoran Yunani adalah daging domba, yang umumnya dipanggang. Daging domba digunakan dalam hidangan utama dan dalam casserole dengan sayuran. Daging lainnya yang dinikmati dalam kebudayaan Yunani adalah ayam, daging babi, daging sapi, dan ikan. Setiap daging ini dapat digunakan dalam souvlaki, salah satu makanan favorit Yunani.

Roti pita disajikan dengan sebagian besar makanan Yunani. Saus kental untuk pita meliputi yoghurt atau minyak zaitun dengan lemon dan bumbu lainnya. Pita juga berfungsi sebagai bungkus untuk sandwich bergaya Yunani, seperti gyro, yang sering diisi irisan tipis daging domba, tomat, bawang, dan saus yoghurt.

Salad Yunani sering mengandung zaitun, tomat, dan keju feta. Saus mengandung bahan dasar minyak zaitun dan dicampur dengan cuka dan bumbu lainnya. Kacang biasanya menghiasi salad Yunani. Masakan Yunani dikenal karena menyajikan berbagai sayuran dalam satu musim. Moussaka adalah hidangan bergaya casserole berbasis terong, dilapisi tomat, paprika, bawang, dan kadang-kadang daging. Sayuran favorit lainnya meliputi segala macam sayuran hijau, kubis, wortel, tomat, paprika, bawang, dan apapun dalam satu musim.

Banyak makanan Yunani, termasuk hidangan utama dan salad, mengandung zaitun, minyak zaitun, dan lemon. Minyak zaitun adalah salah satu bahan yang paling umum digunakan dalam masakan Yunani, seperti dalam salad, hidangan utama, dan sebagai saus. Lemon memberikan rasa khas pada hidangan Yunani yang terkenal.

Komentar Anda