Empat Pola Makan untuk Melawan Insomnia

Insomnia bisa menyerang siapa saja. Gangguan ini dicirikan susah tidur atau susah ngantuk selama berjam-jam lamanya, terutama di malam hari. Insomnia bisa mengganggu aktivitas harian Anda. Untuk melawannya, lakukanlah empat saran simpel berikut ini.

Gambar orang insomnia

1. Batasi asupan kafein, alkohol, dan nikotin

Kafein dan nikotin dapat memiliki efek yang jelas bagi tidur Anda, yakni menyebabkan insomnia dan kegelisahan. Selain kopi, teh, dan minuman ringan, waspadailah sumber tersembunyi dari kafein seperti cokelat, obat batuk dan flu, dan lainnya obat bebas lainnya. Konsumsi alkohol dapat menyebabkan Anda terus terjaga di malam hari.

2. Kurangi gula

Meskipun gula dapat memberikan energi bagi tubuh, namun hanya bertahan sebentar dan dapat menyebabkan kadar gula darah tidak seimbang. Hal ini dapat mengganggu tidur di tengah malam karena kadar gula darah turun.

3. Makan makanan yang membantu Anda tidur

Tryptophan adalah asam amino yang terjadi secara alamiah dan merupakan prekursor serotonin, yang kemudian diubah menjadi melatonin. Makanlah makanan ringan yang mengandung karbohidrat seperti biskuit gandum sebelum tidur. Juga makanan kaya vitamin B6, yang ditemukan dalam gandum, biji bunga matahari, dan pisang, yang meningkatkan konversi triptofan di dalam tubuh.

4. Makan makanan kaya magnesium

Mineral magnesium adalah obat penenang alami. Kekurangan magnesium dapat menyebabkan sulit tidur, sembelit, tremor otot atau kram, kecemasan, iritabilitas, dan nyeri. Makanan kaya magnesium adalah kacang-kacangan dan biji-bijian, sayuran berdaun hijau, bekatul gandum, almond, kacang mete, sirup gula molasses, ragi, dan padi-padian. Selain makanan-makanan ini, Anda juga dapat mencoba jus sayuran berdaun hijau.

Komentar Anda