Apa Makna Di Balik Warna Bendera Meksiko?

Bendera Meksiko mewakili sejarah, agama dan warisan Aztec negara itu. Dari awal penggunaannya setelah memperoleh kemerdekaan dari Spanyol, berbagai aspek dari bendera triwarna itu telah mewakili budaya dan orang-orang Meksiko.

Gambar Bendera Meksiko

Bendera tersebut dibuat pada tahun 1821. Presiden Benito Juarez kemudian sedikit mengubah arti resmi warna bendera. Meksiko merayakan El Dia de la Bandera, atau Flag Day, pada tanggal 24 Februari.

Warna hijau menandakan kemerdekaan dan harapan. Menurut pencetusnya, batang vertikal hijau di sepanjang sisi kiri bendera mewakili gerakan kemerdekaan dan pemisahan dari Spanyol. Warna ini kemudian dimaknai sebagai harapan.

Putih adalah lambang Katolik dan kesatuan. Para penciptanya ingin menyatakan pengabdian Meksiko pada agama Katolik. Batang vertikal putih di tengah mewakili kemurnian dalam keyakinan orang-orang Meksiko. Makna ini kemudian diubah untuk mewakili kesatuan.

Merah adalah simbol persatuan dan darah yang tertumpah. Merah vertikal di sepanjang sisi kanan bendera awalnya mewakili persatuan rakyat Spanyol Eropa dan rakyat Spanyol Amerika Utara. Warna ini kemudian dimaknai sebagai darah kaum revolusioner yang tertumpah untuk memperjuangkan kemerdekaan.

Elang dengan ular di mulutnya mewakili warisan Aztec Meksiko; Menurut legenda Aztec, para dewa menyarankan orang-orang Aztec untuk membangun ibukota mereka di lokasi di mana mereka melihat elang bertengger di pohon pir berduri dan memakan ular. Mereka membangun ibukota mereka, Tenochtitlan, di tempat yang sekarang menjadi alun-alun utama Mexico City.

Komentar Anda